Berciuman Hingga Keluar Mani Saat Puasa, Apakah membatalkan Puasa dan Mewajibkan Kafarat?

Sat 23 May 2015 05:42 | 0
Muhamad Amrozi

 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

ولو جامع امرأته فيما دون الفرج فأنزل أو باشرها أو قبلها أو لمسها بشهوة فأنزل يفسد صومه، وعليه القضاء ولا كفارة عليه

Jika seseorang bersetubuh dengan istrinya pada selanin kemaluannya kemudian keluar mani, atau mencumbunya atau menciumnya atau merabanya dengan syahwat lalu keluar mani, maka puasanya batal dan ia wajib mengqadha, tapi tidak wajib kafarat.

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 2 hal. 93 | Aqil

Al-Marghinani (w. 593 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi sebagai berikut :

ولو أنزل بقبلة أو لمس فعليه القضاء دون الكفارة

Jika seseorang keluar mani karena berciuman atau meraba, maka ia wajib mengqadha tanpa bayar kafarat.

Al-Marghinani, Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi, jilid 1 hal. 120 | Ajib

Al-Imam Malik (w. 179 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Mudawwanah Al-Kubra sebagai berikut :

قلت: أرأيت من قبل في رمضان فأنزل، أيكون عليه الكفارة في قول مالك؟ فقال: نعم والقضاء كذلك

Aku bertanya: bagaimana orang yang berciuman hingga menyebabkan keluar mani, apakah ia wajib bayar kafarat menurut Al-Imam Malik? Ia menjawab: iya (wajib bayar kafarat) dan begitu juga qadha.

Al-Imam Malik, Al-Mudawwanah Al-Kubra, jilid 1 hal. 268 | Ajib

Asy-Syirazi (w. 476 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

وإن باشرها فيما دون الفرج فأنزل أو قبل فأنزل بطل صومه وإن لم ينزل لم يبطل صومه

Jika seseorang menggauli istrinya pada selain kemaluan hingga keluar mani, atau berciuman hingga keluar mani maka puasana batal, namun jika tidak sampai keluar mani maka puasanya tidak batal.

Asy-Syirazi, Al-Muhadzdzab, jilid 1 hal. 335 | Imam

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

إذا قبل أو باشر فيما دون الفرج بذكره أو لمس بشرة امرأة بيده أو غيرها فإن أنزل المني بطل صومه وإلا فلا لما ذكره المصنف

Jika seseorang berciuman atau menggauli prempuan pada selain kemaluannya atau meraba kulit tubuh wanita dengan tangannya ata yang lain, jia sampa mengeluarkan mani maka puasanya batal, namun jika tidak maka puasanya tidak batal sebagaimana disebutkan oleh mushannif (Asy-Syairazi).

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 6 hal. 322 | Amrozi

Al-Khiraqi (w. 334 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Mukhtshar Al-Khiraqi sebagai berikut :

ومن أكل أو شرب أو احتجم أو استعط أو أدخل إلى جوفه شيئا من أي موضع كان أو قبل فأمنى أو أمذى أو كرر أو نظر فأنزل -أي ذلك فعل عامدا وهو ذاكر لصومه- فعليه القضاء بلا كفارة

Siapa yang makan, minum, berbekam, memasukkan obat melalui hidung atau memasukkan sesuatu kedalam tubuhnya melalui tempat manapun, atau berciuman hingga keluar mani atau keluar madzi atau memandang sesuatu yang mengundang syahwat hingga keluar mani-dan ia melakukan itu semua dengan sengaja dan ingat bahwa ia sedang berpuasa-maka wajib mengqadha tanpa wajib bayar kafarat.

Al-Khiraqi, Mukhtshar Al-Khiraqi, jilid 0 hal. 49 | Syarif

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

إذا قبل فأمنى أو أمذى، ولا يخلو المقبل من ثلاثة أحوال؛ أحدها، أن لا ينزل، فلا يفسد صومه بذلك، لا نعلم فيه خلافا، الحال الثاني، أن يمني فيفطر بغير خلاف نعلمه. الحال الثالث، أن يمذي فيفطر عند إمامنا ومالك. وقال أبو حنيفة، والشافعي: لا يفطر

Jika seseorang berciuman hingga keluar mani atau madzi. Bagi orang yang berciuman ada tiga keadaan, pertama: berciuman namun tidak sampai keluar mani, maka puasanya tidak batal tanpa ada perbedaan pendapat yang kami tau, kedua: berciuman hingga keluar mani, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat yang kami tau, ketiga berciuman hingga keluar madzi, maka puasanya batal menurut Al-Imam Ahmad dan Malik, dan tidak batal menurut Al-Imam Abu Hanifah dan Asy-syafi’i.

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 3 hal. 127 | Syarif

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

ولا ينقض الصوم حجامة ولا احتلام، ولا استمناء، ولا مباشرة الرجل امرأته أو أمته المباحة له فيما دون الفرج، تعمد الإمناء أم لم يمن، أمذى أم لم يمذ ولا قبلة كذلك فيهما

Tidak membatalkan puasa berbekam, bermimpi basah, onani, menggauli istri atau budak wanita pada selain kemaluan, baik keluar mani ataupun tidak atau keluar madzi atau tidak, dan begitu juga (tidak membatalkan puasa) berciuman.

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 4 hal. 335 | Faisal

Baca Lainnya :

Hukum Bersetubuh Pada Siang Hari Bulan Ramadhan Dalam Keadaan Lupa
Imamuddin Mukhtar | 1 May 2015, 09:37 | published
Apakah Berbekam Membatalkan Puasa ?
Imamuddin Mukhtar | 4 May 2015, 09:38 | published
Apakah Suntik Membatalkan Puasa?
Muhammad Aqil Haidar | 12 May 2015, 09:38 | published
Bersiwak Saat Puasa, Makruhkah?
Muhamad Amrozi | 14 May 2015, 03:38 | published
Berniat Membatalkan Puasa, Apakah Sudah Batal Puasanya?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 15 May 2015, 09:39 | published
Berbuka Keliru Menyangka Sudah Maghrib Padahal Belum
Imamuddin Mukhtar | 13 May 2015, 09:39 | published
Wanita Haidh yang Suci di Siang Hari Ramadhan, Apakah Wajib Imsak?
Tajun Nashr, Lc | 10 September 2015, 09:40 | draft
Mencicipi Makanan Saat Puasa, Batalkah?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 19 May 2015, 09:41 | published
Berciuman Hingga Keluar Mani Saat Puasa, Apakah membatalkan Puasa dan Mewajibkan Kafarat?
Muhamad Amrozi | 23 May 2015, 05:42 | published