Apakah Shalat Harus Pakai Sutrah?

Tue 24 March 2015 09:29 | 1
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc

 

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

وَيَنْبَغِي لِمَنْ يُصَلِّي فِي الصَّحْرَاءِ أَنْ يَتَّخِذَ أَمَامَهُ سُتْرَةً وَلَا بَأْسَ بِتَرْكِ السُّتْرَةِ إذَا أَمِنَ الْمُرُورَ وَلَمْ يُوَاجِهْ الطَّرِيقَ

Dan dianjurkan bagi orang yang sholat di padang pasir untuk meletakkan sutroh di depannya. Dan tidak apa apa bagi dia untuk tidak menggunakan sutroh jika merasa aman dari lalu lalang orang serta tidak menghadap ke jalan.

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 406 | Aqil

Ibnu Abdin (w. 1252 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Radd Al-Muhtar ala Ad-Dur Al-Mukhtar sebagai berikut :

وَيَغْرِزُ نَدْبًا الْإِمَامُ وَكَذَا الْمُنْفَرِدُ فِي الصَّحْرَاءِ وَنَحْوِهَاسُتْرَةً بِقَدْرِ ذِرَاعٍ طُولًا وَلَا يَكْفِي الْوَضْعُ وَلَا الْخَطُّ وَقِيلَ يَكْفِي فَيَخُطُّ طُولًا فَتَرْكُهُ أَفْضَلُ

Dan disunnahkan bagi imam dan munfarid untuk menancapkan sesuatu sebagai sutroh setinggi satu hasta. Dan tidak cukup sutroh hanya dengan garis walaupun ada pendapat lain yang membolehkan.

Ibnu Abdin, Radd Al-Muhtar ala Ad-Dur Al-Mukhtar, jilid 1 hal. 637 | Ajib

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

السترة في الصلاة سنة. ولا يقطع صلاة المصلي شيء مما يمر بين يديه

Sutrah dalam shalat hukummnya sunnah. Dan apa saja yang lewat didepan orang yang sedang sholat maka sholat nya tidak batal.

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 209 | Amrozi

Al-Qarafi (w. 684 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Adz-Dzakhirah sebagai berikut :

لا حق بالشروط ولا يلزم من عدمها بطلان الصلاة وهي من محاسن الصلاة

Dan sutrah bukan termasuk syarat sahnya sholat. Dan juga meninggalkan sutroh tidak membatalkan sholat. Hanya saja ini termasuk hal yang bagus dikerjakan dalam sholat.

Al-Qarafi, Adz-Dzakhirah, jilid 2 hal. 152 | Syarif

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Raudhatu Ath-Thalibin sebagai berikut :

يستحب للمصلي أن يكون بين يديه سترة من جدار أو سارية أو غيرهما فإن لم يجد شيئا شاخصا خط بين يديه خطا. وقال إمام الحرمين والغزالي : لا عبرة بالخط

Di sunnahkan bagi orang sholat untuk memakai sutroh berupa dinding, tiang atau selain itu. Jika tidak ada boleh dengan menggunakan garis. Imam Al-Haromain dan Al-Ghozali mengatakan bahwa garis tidak cukup untuk dijadikan sutroh.

An-Nawawi, Raudhatu Ath-Thalibin, jilid 1 hal. 294 | Imam

Zakaria Al-Anshari (w. 926 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib sebagai berikut :

يُسْتَحَبُّ أَنْ يُصَلِّيَ إلَى سُتْرَةٍ كَجِدَارٍ وَعَمُودٍ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ سُتْرَةً مِنْ جِدَارٍ، أَوْ نَحْوِهِ فَعَصًا مَثَلًا وَإِلَّا بِأَنْ لَمْ يَجِدْ شَاخِصًا افْتَرَشَ مُصَلَّى كَسَجَّادَةٍ بِفَتْحِ السِّينِ أَوْ خَطَّ خَطًّا خَطَّ خَطًّا

Di sunnahkan bagi orang sholat untuk menggunakan sutroh seperti tembok atau tiang. Jika tidak ada maka boleh dengan tongkat atau membuat garis di depannya.

Zakaria Al-Anshari, Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib, jilid 1 hal. 184 | Faisal

Ibnu Hajar Al-Haitami (w. 974 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Minhaj Al-Qawim sebagai berikut :

ويستحب لكل مصل أن يصلي إلى شخص قدر ثلثي ذراع. فإن لم يجد بسط مصلى أو خط خطا. ويندب دفع المار حينئذ

Di sunnahkan bagi setiap orang yang sholat untuk menggunakan sutrah dengan kadar dua pertiga. Jika tidak ada maka boleh dengan menggaris sebuah garis. Dan disunnahkan juga untuk mencegah orang yang lewat di depannya.

Ibnu Hajar Al-Haitami, Al-Minhaj Al-Qawim , jilid 1 hal. 127 | Tajun

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

قال: وسترة الإمام سترة لمن خلفه. وجملته أنه يستحب للمصلي أن يصلي إلى سترة، فإن كان في مسجد أو بيت صلى إلى الحائط أو سارية، وإن كان في فضاء صلى إلى شيء شاخص بين يديه، أو نصب بين يديه حربة أو عصا، أو عرض البعير فصلى إليه، أو جعل رحله بين يديه. ولا بأس أن يستتر ببعير أو حيوان. فإن لم يجد سترة خط خطا، وصلى إليه

Imam adalah sutroh bagi makmum. Dan disunnahkan bagi orang yang sholat untuk menggunakan sutroh seperti dinding atau tiang jika dia berada dimasjid. Dan jika berada di padang pasir maka boleh menggunakan sutrah dengan tongkat atau hewan tunggangannya. Jika tidak ada maka diperbolehkan menggunakan garis saja.

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 2 hal. 113 | Syarif

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

وحد دنو المرء من سترته أقرب ذلك قدر ممر الشاة، وأبعده ثلاثة أذرع لا يحل لأحد الزيادة على ذلك فإن بعد عن سترته عامدا أكثر من ثلاثة أذرع وهو ينوي أنها سترته بطلت صلاته، فإن لم ينو أنها سترة له فصلاته تامة وكل ما مر أمامه مما يقطع الصلاة والسترة بينه وبينه أو مقدارها - نوى ذلك سترة أو لم ينوفصلاته تامة

Adapun batasan sutroh maksimal adalah tiga hasta. Jika lebih dari itu maka sholatnya batal jika dia meniatkan nya sebagai sutroh. Tapi jika tidak berniat maka sholatnya sah. Dan setiap yang lewat di depan nya baik dia berniat sutroh atau tidak maka sholatnya tetap sah.

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 3 hal. 101 | Faisal

Baca Lainnya :

Mana Yang Benar Tentang Qunut Subuh, Sunnah Atau Bid'ah?
Muhamad Amrozi | 23 March 2015, 03:41 | published
Kapan menggerakkan jari telunjuk dalam tahiyat ?
Muhammad Syarif Hidayatullah | 25 March 2015, 07:42 | published
Apa Yang Didahulukan Ketika Hendak Sujud ?
Muhammad Aqil Haidar | 27 April 2015, 11:43 | published
Apakah Shalat Harus Pakai Sutrah?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 24 March 2015, 09:29 | published
Pembatasan Surat Panjang, Menengah dan Pendek
Imamuddin Mukhtar | 11 September 2015, 13:56 | draft
Hukum Sujud Syukur
Imamuddin Mukhtar | 29 September 2015, 13:58 | draft
Hukum Mengqadha Shalat Yang Terlewat
Muhamad Amrozi | 11 September 2015, 13:59 | draft
Hukum Shalat Bagi Yang Tidak Mendapatkan Air atau Tanah (faqidu ath-thahurain)
Muhammad Aqil Haidar | 11 September 2015, 13:59 | draft
Hukum Membaca Ta'awwudz Sebelum Fatihah
Faisal Reza Amaradja | 1 October 2015, 14:02 | draft
Berbagai Macam versi lafadz Iftitah
Muhammad Aqil Haidar | 11 September 2015, 14:02 | draft
Hukum Menjaharkan Amin
Muhammad Aqil Haidar | 2 October 2015, 14:03 | draft
Hukum Qunut Dalam Shalat Witir
Muhamad Amrozi | 3 October 2015, 14:03 | draft
Hukum Sujud Tilawah di Dalam Sholat
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 30 September 2015, 14:04 | draft