Bilangan Rakaat Dalam Shalat Tarawih

Mon 11 May 2015 11:46 | 0
Muhammad Syarif Hidayatullah

 

As-Sarakhsi (w. 483 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Mabsuth sebagai berikut :

فإنها عشرون ركعة سوى الوتر عندنا

Maka sesungguhnya shalat tarawih itu sebanyak 20 rakaat selain witir menurut kami..

As-Sarakhsi, Al-Mabsuth, jilid 2 hal. 144 | Ajib

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

وأما قدرها فعشرون ركعة في عشر تسليمات في خمس ترويحات كل تسليمتين ترويحة وهذا قول عامة العلماء

Dan adapun bilangan rakaat tarawih adalah sebanyak 20 rakaat dalam 10 kali salam, dengan 5 kali istirahat (berhenti sejenak), pada setiap 2 salam terdapat 1 kali istirahat. Dan ini menurut kebanyakan para ulama..

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 288 | Aqil

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

فتحصل من هذا كله أن قيام رمضان سنة إحدى عشرة ركعة بالوتر في جماعة فعله  ثم تركه لعذر ... وكونها عشرين سنة الخلفاء الراشدين وقوله  عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين ندب إلى سنتهم

Kesimpulan dari semua dalil ini bahwa qiyam Ramadhan sunnah 11 rakaat berjamaah yang dikerjakan Rasulullah SAW kemudian ditinggalkan karena udzur tertentu . . . Sedangkan menjadi 20 rakaat adalah sunnah khulafaurrasyidin. Sabda beliau SAW,"Kalian harus berpegang pada sunnah khulafaurrasyidin", menjadi adalah anjuran untuk mengikuti sunnah mereka. .

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 468 | Ajib

Az-Zaila'i (w. 743 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq sebagai berikut :

وسن في رمضان عشرون ركعة بعشر تسليمات بعد العشاء قبل الوتر

Dan disunahkan pada bulan Ramadhan untuk shalat 20 rakaat dengan 10 salam yang dilakukan setelah shalat isya, sebelum witir..

Az-Zaila'i, Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq, jilid 1 hal. 178 | Aqil

Ibnu Abdin (w. 1252 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Radd Al-Muhtar ala Ad-Dur Al-Mukhtar sebagai berikut :

قوله وهي عشرون ركعة هو قول الجمهور وعليه عمل الناس شرقا وغربا

Dan tarawih itu 20 rakaat adalah pendapat jumhur dan itulah yang diamalkan orang-orang baik di Timur ataupun di Barat. .

Ibnu Abdin, Radd Al-Muhtar ala Ad-Dur Al-Mukhtar, jilid 2 hal. 245 | Ajib

An-Nafarawi (w. 1126 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Fawakih Ad-Dawani sebagai berikut :

(وكان السلف الصالح) وهم الصحابة رضى الله عنهم (يقومون فيه) في زمن خلافة عمر بن الخطاب رضى الله عنه وبأمره كما تقدم (في المساجد بعشرين ركع ) وهو اختيار أبي حنيفة والشافعي وأحمد، والعمل عليه الآن في سائر الأمصار

Para salafusshalih yaitu para shahabat radhiyallahuanhum menjalankan di masa khilafah Umar bin Al-Khattab radhiyallahuanhum atas perintahnya di dalam masjid sebanyak 20 rakaat. Dan itulah pilihan Abu Hanifah, Asy-Syafi'i dan Ahmad, serta yang dijalankan sekarang di seluruh dunia..

An-Nafarawi, Al-Fawakih Ad-Dawani, jilid 1 hal. 317 | Ajib

Ad-Dardir (w. 1241 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Asy-Syarhu Ash-Shaghir sebagai berikut :

والتراويح برمضان وهي عشرون ركعة بعد صلاة العشاء يسلم من كل ركعتين غير الشفع والوتر

Dan shalat Tarawih di Ramadhan 20 rakaat setelah shalat Isya', dengan salam tiap dua rakaat, di luar shalat syafa' dan witir.

Ad-Dardir , Asy-Syarhu Ash-Shaghir, jilid 1 hal. 404 | Amrozi

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

صلاة التراويح سنة بإجماع العلماء ومذهبنا أنها عشرون ركعة بعشر تسليمات وتجوز منفردا وجماعة

Shalat tarawih hukumnya sunah menurut ijma ulama, dan menurut kami shalat itu 20 rakaat dalam 10 kali salam. Boleh dilakukan sendiri-sendiri ataupun berjamaah..

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 31 | Syarif

Zakaria Al-Anshari (w. 926 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib sebagai berikut :

وهي عشرون ركعة بعشر تسليمات في كل ليلة من رمضان

Shalat tarawih adalah sebanyak 20 rakaat, dengan 10 salam yang mana dilakukan pada setiap malam dibulan Ramadhan.

Zakaria Al-Anshari, Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib, jilid 1 hal. 200 | Imam

Al-Haitami (w. 974 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Tuhfatul Muhtaj bi Syarhi Al-Minhaj sebagai berikut :

أن الجماعة تسن في التراويح وهي عندنا لغير أهل المدينة عشرون ركعة كما أطبقوا عليها في زمن عمر رضي الله عنه

Sesungguhnya shalat tarawih disunahkan untuk dikerjakan secara berjamaah, dan menurut kita selain penduduk Madinah bilangannya adalah 20 rakaat sebagaimana diterapkan pada zaman umar ..

Al-Haitami, Tuhfatul Muhtaj bi Syarhi Al-Minhaj, jilid 2 hal. 240 | Amrozi

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

وقيام شهر رمضان عشرون ركعة. يعني صلاة التراويح وهي سنة مؤكدة

Dan shalat malam pada bulan Ramadhan sebanyak 20 rakaat, yaitu shalat tarawih, dan hukumnya adalah sunah muakkadah (sunah yang sangat dianjurkan)..

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 2 hal. 122 | Syarif

Ibnu Taimiyah (w. 728 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Majmu' Fatawa sebagai berikut :

وكان النبي صلى الله عليه وسلم قيامه بالليل هو وتره يصلي بالليل في رمضان وغير رمضان إحدى عشرة ركعة أو ثلاث عشرة ركعة لكن كان يصليها طوالا. فلما كان ذلك يشق على الناس قام بهم أبي بن كعب في زمن عمر بن الخطاب عشرين ركعة يوتر بعدها ويخفف فيها القيام فكان تضعيف العدد عوضا عن طول القيام. وكان بعض السلف يقوم أربعين ركعة فيكون قيامها أخف ويوتر بعدها بثلاث. وكان بعضهم يقوم بست وثلاثين ركعة يوتر بعدها

Nabi saw. melakukan shalat malam termasuk shalat witirnya pada malam bulan Ramadhan ataupun bukan sebanyak 11 rakaat atau 13 rakaat, akan tetapi dilakukannya dengan berdiri yang lama (bacaan yang panjang). Tatkala hal tersebut terasa berat bagi manusia, maka umar bin khottob mengumpulkan manusia pada ubay bin kaab untuk shalat 20 rakaat dan witir setelahnya. Dan diringankan bacaannya, maka berlipatnya bilangan rakaat adalah sebagai pengganti lamanya bacaan ketika berdiri. Dan sebagian ulama salaf melakukan shalat malam sebanyak 40 rakaat, maka bacaannya lebih ringan lagi dan setelahnya ada shalat witir 3 rakaat. Dan sebagian diantara mereka melakukan shalat tarawih dengan 36 rakaat lalu witir setelahnya..

Ibnu Taimiyah, Majmu' Fatawa, jilid 23 hal. 120 | Imam

Al-Mardawi (w. 885 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf sebagai berikut :

والصحيح من المذهب: أن التراويح أفضل منها وهي عشرون ركعة

Dan yang shahih menurut madzhabnya bahwa shalat tarawih lebih utama daripada shalat sunah lainnya, dan shalatnya sebanyak 20 rakaat ..

Al-Mardawi, Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf, jilid 2 hal. 180 | Faisal

Baca Lainnya :

Bilangan Rakaat Dalam Shalat Tarawih
Muhammad Syarif Hidayatullah | 11 May 2015, 11:46 | published
Shalat Ied di Lapangan atau Masjid?
Muhammad Aqil Haidar | 18 May 2015, 11:47 | published
Hukum Shalat Ied
Muhamad Amrozi | 25 May 2015, 03:28 | published