Mana Yang Benar Tentang Qunut Subuh, Sunnah Atau Bid'ah?

Mon 23 March 2015 03:41 | 0
Muhamad Amrozi

 

Al-'Aini (w. 855 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Binayah Syarah Al-Hidayah sebagai berikut :

قد ذكرنا النسخ ووجهه وكل من روى القنوت، وروى تركه ثبت عنده نسخه؛ لأن فعله للمتأخر ينسخ المتقدم

Sudah kami sebutkan sisi dinasakhnya qunut, dan semua rawi yang meriwayatkan qunut dan meriwayatkan tidak qunut sudah menetepkan bahwa qunut sudah dinasakh, karena perbuatan rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang terakhir menasakh yang terdahulu..

Al-'Aini, Al-Binayah Syarah Al-Hidayah , jilid 2 hal. 498 | Aqil

Al-Qadhi Zaadah (w. 1087 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Majma’ Al-Anhur fii Syarhi Multaqa Al-Abhur sebagai berikut :

ولا يقنت في صلاة غيرها أي غير صلاة الوتر عندنا قال الإمام: القنوت في الفجر بدعة خلافا للشافعي فإن القنوت في صلاة الفجر في الركعة الثانية بعد الركوع مسنون عنده

Dan tidak disyariatkan qunut pada selain witir dalam madzhab kami, berkata iama abu hanifah: “qunut pada shalat subuh bid’ah”, berbeda dengan syafii yang yang berpendapat bahwa qunut subuh disunnahkan setelah ruku’ pada raka’at kedua..

Al-Qadhi Zaadah, Majma’ Al-Anhur fii Syarhi Multaqa Al-Abhur , jilid 1 hal. 129 | Ajib

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

ويقنت في صلاة الصبح الإمام والمأموم والمنفرد إن شاء قبل الركوع وإن شاء بعده كل ذلك واسع والأشهر عن مالك القنوت قبل الركوع

Dan dianjurkan bagi imam, makmum atau orang yang sholat sendirian untuk melakukan qunut dalam shalat subuh, jika ia mau sebelum ruku’ atau setelah ruku’, semua itu ada keluasan, dan pendapat yang masyhur dari imam malik adalah sebelum ruku’..

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 207 | Amrozi

Al-Qarafi (w. 684 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Adz-Dzakhirah sebagai berikut :

قنوت الصبح وهو عندنا وعند ش مشروع خلافا لابن حنبل وفي الصبح عندنا وعند ش خلافا ح في تخصيصه إياه بالوتر

Qunut subuh menurut kami dan menurut syafii disyariatkan berbeda dengan ibnu hanbal, dan pada shalat subuh berbeda dengan abu hanifah yang mengkhususkan qunut pada shalat witir..

Al-Qarafi, Adz-Dzakhirah, jilid 2 hal. 230 | Ajib

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

القنوت في الصبح بعد رفع الرأس من ركوع الركعة الثانية سنة عندنا بلا خلاف وأما ما نقل عن أبي علي بن أبي هريرة رضى الله عنه أنه لا يقنت في الصبح لأنه صار شعار طائفة مبتدعة فهو غلط لا يعد من مذهبنا

Qunut pada shalat subuh setelah mengangkat kepala dari ruku’ pada raka’at kedua sunnah dalam madzhab kami tanpa ada perbedaan, adapun yang dinukil dari abu ali bin abu hurairah radiallahu ‘anu bahwa tidak qunut pada sholat subuh, karena hal itu sudah menjadi syi’ar kelompok ahli bid’ah maka itu salah dan tidak termasuk madzhab kami..

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 3 hal. 494 | Amrozi

Zakaria Al-Anshari (w. 926 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib sebagai berikut :

فصل القنوت مستحب بعد التحميد في اعتدال ثانية الصبح

Qunut hukumnya mustahabb setelah tahmid pada i’tidal raka’at kedua shalat subuh.

Zakaria Al-Anshari, Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib, jilid 1 hal. 158 | Imam

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

ولا يسن القنوت في الصبح، ولا غيرها من الصلوات، سوى الوتر

Tidak disunnahkan qunut pada sholat subuh, dan tidak juga pada selain shalat subuh, kecuali shalat witir.

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 2 hal. 144 | Syarif

Al-Mardawi (w. 885 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf sebagai berikut :

ولا يقنت في غير الوتر، الصحيح من المذهب: أنه يكره القنوت في الفجر كغيرها، وعليه الجمهور. لو ائتم بمن يقنت في الفجر تابعه، فأمن أو دعا

Dan tidak dianjurkan qunut pada selain shalat witir, pendapat yang shahih dalam madzhab (hanbali) yaitu dimakruhkan qunut pada shalat subuh seperti makruhnya qunut pada shalat-shalat yang selain subuh, dan ini adalah pendapat mayoritas ulama, Jika ia bermakmum dengan orang yang melakukan qunut pada shalat subuh ia harus mengikutinya dengan mengaminkan atau berdo’a .

Al-Mardawi, Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf, jilid 2 hal. 174 | Faisal

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

والقنوت فعل حسن، بعد الرفع من الركوع في آخر ركعة من كل صلاة فرض - الصبح وغير الصبح، وفي الوتر، فمن تركه فلا شيء عليه في ذلك

Dan qunut adalah perbuatan yang baik setelah bangkit dari ruku’ pada setiap raka’at terakhir shalat fardhu, baik subuh atau selainnya dan juga pada shalat witir, siapa yang meninggalkannya maka tidak apa-apa.

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 3 hal. 154 | Faisal

Baca Lainnya :

Mana Yang Benar Tentang Qunut Subuh, Sunnah Atau Bid'ah?
Muhamad Amrozi | 23 March 2015, 03:41 | published
Kapan menggerakkan jari telunjuk dalam tahiyat ?
Muhammad Syarif Hidayatullah | 25 March 2015, 07:42 | published
Apa Yang Didahulukan Ketika Hendak Sujud ?
Muhammad Aqil Haidar | 27 April 2015, 11:43 | published
Apakah Shalat Harus Pakai Sutrah?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 24 March 2015, 09:29 | published
Pembatasan Surat Panjang, Menengah dan Pendek
Imamuddin Mukhtar | 11 September 2015, 13:56 | draft
Hukum Sujud Syukur
Imamuddin Mukhtar | 29 September 2015, 13:58 | draft
Hukum Mengqadha Shalat Yang Terlewat
Muhamad Amrozi | 11 September 2015, 13:59 | draft
Hukum Shalat Bagi Yang Tidak Mendapatkan Air atau Tanah (faqidu ath-thahurain)
Muhammad Aqil Haidar | 11 September 2015, 13:59 | draft
Hukum Membaca Ta'awwudz Sebelum Fatihah
Faisal Reza Amaradja | 1 October 2015, 14:02 | draft
Berbagai Macam versi lafadz Iftitah
Muhammad Aqil Haidar | 11 September 2015, 14:02 | draft
Hukum Menjaharkan Amin
Muhammad Aqil Haidar | 2 October 2015, 14:03 | draft
Hukum Qunut Dalam Shalat Witir
Muhamad Amrozi | 3 October 2015, 14:03 | draft
Hukum Sujud Tilawah di Dalam Sholat
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 30 September 2015, 14:04 | draft