|


 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

أن يكبر المقتدي مقارنا لتكبير الإمام فهو أفضل

“ Seorang makmum yang bertakbiratul ihram bersamaan dengan takbiratulnya imam maka itu lebih utama.”.

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 200 | Nimah

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

ولا يكبر المأموم حتى يفرغ الإمام من التكبير

makmum tidak boleh takbir sampai imam selesai mengucap takbir.

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 200 | Taslima

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Minhajut Thalibin Wa Umdatul Muftiin sebagai berikut :

تَجِبُ مُتَابَعَةُ الإِمَامِ فِي أَفْعَالِ الصَّلاةِ بِأَنْ يَتَأَخَّرَ ابْتِدَاءُ فِعْلِهِ عَنْ ابْتِدَائِهِ . فَإِنْ قَارَنَهُ لَمْ يَضُرَّ إلا تَكْبِيرَةُ إحْرَامٍ

“Diwajibkan untuk mengikuti imam dalam gerakan shalat dengan mengakhirkan gerakan dari imam, dan apabila bersamaan dengan imam maka tidak memadharatkannya, kecuali apabila menyamai imam dalam takbiratul ihram”. .

An-Nawawi, Minhajut Thalibin Wa Umdatul Muftiin, jilid 1 hal. 255 | Neng

Al-Khatib Asy-Syirbini (w. 977 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Mughni Al-Muhtaj sebagai berikut :

فَإِنْ قَارَنَهُ ) فِي فِعْلٍ أَوْ قَوْلٍ ( لَمْ يَضُرَّ ) أَيْ لَمْ يَأْثَمْ ) .هِيَ مَكْرُوهَةٌ وَمُفَوِّتَةٌ لِفَضِيلَةِ الْجَمَاعَةِ

“Apabila menyamai (imam) dalam gerakan maupun bacaan (maka tidak memadharatkan) atau tidak dianggap berdosa; tetapi hal itu dimakruhkan dan dapat mengurangi fadilah jama’ah”..

Al-Khatib Asy-Syirbini, Mughni Al-Muhtaj , jilid 1 hal. 257 | Neng

Baca Lainnya :