|


 

Al-Hashkafi (w. 1088 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor sebagai berikut :

ولا يصح اقتداء ... مفترض بمتنفل

orang yang shalat fardhu tidak sah bermakmum kepada orang yang shalat sunnah.

Al-Hashkafi, Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor, jilid 1 hal. 79 | Taslima

Al-Hashkafi (w. 1088 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor sebagai berikut :

لا (مفترض بمتنفل وبمفترض فرضا آخر) لان اتحاد الصلاتين شرط عندنا

“Tidaklah sah orang sholat wajib (bermakmum) kepada orang yang sholat sunnah, dan orang yang sholat wajib (bermakmum) kepada orang yang sholat wajib lain karena kesamaan antara dua sholat (sholat imam dan makmum) adalah syarat menurut kami”..

Al-Hashkafi, Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor, jilid 1 hal. 79 | Nimah

Syihabuddin An-Nafrawi (w. 1126 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Fawakih Ad-Dawani 'ala Risalah Ibni Abi Zaid Al-Qayrawani sebagai berikut :

ولا يصح اقتداء مفترض بمتنفل

orang yang shalat fardhu tidak sah bermakmum kepada yang shalat sunnah.

Syihabuddin An-Nafrawi, Al-Fawakih Ad-Dawani 'ala Risalah Ibni Abi Zaid Al-Qayrawani, jilid 1 hal. 206 | Taslima

Al-Khatib Asy-Syirbini (w. 977 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Mughni Al-Muhtaj sebagai berikut :

وَتَصِحُّ قُدْوَةُ الْمُؤَدِّي بِالْقَاضِي , وَالْمُفْتَرِضِ بِالْمُتَنَفِّلِ

“Sah (bermakmum) seorang yang shalat tunai kepada orang yang shalat qadha, begitu pula (sah bermakmum) orang yang shalat wajib kepada orang yang shalat sunnah” .

Al-Khatib Asy-Syirbini, Mughni Al-Muhtaj , jilid 1 hal. 253 | Neng

Baca Lainnya :