Berwudhu Tanpa Niat, Sah Atau Tidak?

Thu 23 April 2015 10:06 | 0
Muhammad Syarif Hidayatullah

 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

وأما النية فليست من الشرائط وكذلك الترتيب فيجوز الوضوءبدون النية ومراعاة الترتيب عندنا.وأما الذي هو في ابتداء الوضوء (فمنها) النية

Niat bukanlah bagian dari syarat, begitu pula tartib dalam berwudhu, maka boleh wudhu tanpa niat dan tanpa berurutan. Yang termasuk sunnah dalam permulaan wudhu diantaranya adalah niat..

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 17 | Aqil

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

النية والاستيعاب والترتيب مستحبا غير سنة.وباقي شروط الصلاة لا يفتقر اعتبارها إلى أن تنوى.قوله بخلاف التيمم لأن التراب لم يعتبر شرعا مطهرا إلا للصلاة لا في نفسه فكان التطهير به تعبدا محضا، وفيه يحتاج إلى النية

Niat, membasuh kepala secara keseluruhan dan tertib (berurutan) hukumnya mustahab, bukan sunah. Dan sebagian syarat-syarat shalat lainnya (seperti wudhu) tidak perlu niat. Lain halnya dengan tayamum, menurut syari’at tanah berdasarkan dzatnya dianggap tidak dapat menyucikan kecuali jika digunakan bersuci untuk melakukan shalat, maka bersuci dengan tanah termasuk ibadah mahdhoh, oleh karena itu tayamum membutuhkan niat..

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 32 | Ajib

Az-Zaila'i (w. 743 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq sebagai berikut :

ولنا أنه - عليه السلام - لم يعلم الأعرابي النية حين علمه الوضوء مع جهله، ولو كان فرضا لعلمه، ولأنه شرط الصلاة فلا يفتقر إلى النية كسائر شروطها بخلاف التيمم

Dan menurut kita, bahwasanya nabi muhammad saw belum mengajarkan niat kepada orang arab tatkala nabi mengajarkan mereka berwudhu yang padahal mereka (sahabat) tidak tahu hal-hal yang berkaitan dengan niat. Kalau memang niat dalam berwudhu itu fardhu maka pasti nabi sudah mengajarkannya karena wudhu merupakan syarat shalat. Maka berwudhu tidak membutuhkan niat seperti syarat-syarat lainnya, berbeda dengan tayammum (karena tayamum diharuskan untuk berniat)..

Az-Zaila'i, Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq, jilid 1 hal. 5 | Ajib

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

لا تجزأ طهارة وضوء ولا تيمم ولا غسل من جنابة أو حيض إلا بنية من ذلك ومن توضأ تبردا أو اغتسل تبردا أو علمه غيره وهو لا نية له في ذلك فلا يجزئه وضوؤه

Bersuci dengan cara berwudhu, tayamum, dan mandi karena junub ataupun haid tidak sah kecuali disertai dengan niat. Oleh karena itu barangsiapa berwudhu dengan niat karena ingin tabarrud (bersegar-segar) atau mandi untuk tabarrud dan selainnya yang tidak membutuhkan niat, maka tidak sah wudhunya..

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 164 | Amrozi

Al-Qarafi (w. 684 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Adz-Dzakhirah sebagai berikut :

إذا لم يتيقن محل النجاسة غسل الثوب أو الجسد كله لتحصيل يقين الطهارة الرابع قال صاحب التلخيص لا تشترط النية في إزالتها

Jika tidak yakin tempatnya najis, maka pakaian atau bagian badan yang terkena najis tersebut dibasuh secara keseluruhan untuk menumbuhkan keyakinan bahwa orang itu sudah bersuci. Pengarang kitab talkhish berpendapat bahwa tidak disyaratkan niat dalam menghilangkan najis..

Al-Qarafi, Adz-Dzakhirah, jilid 1 hal. 190 | Ajib

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Raudhatu Ath-Thalibin sebagai berikut :

النية: وهي فرض في طهارات الأحداث

Niat hukumnya fardhu dalam bersuci dari hadats..

An-Nawawi, Raudhatu Ath-Thalibin, jilid 1 hal. 47 | Imam

Zakaria Al-Anshari (w. 926 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib sebagai berikut :

وفروضه ستة الأول النية

Fardu wudhu ada enam, yang pertama adalah niat .

Zakaria Al-Anshari, Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib, jilid 1 hal. 28 | Syarif

Ibnu Hajar Al-Haitami (w. 974 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Minhaj Al-Qawim sebagai berikut :

وفروض الوضوء ستة" الأول: النية. إنما صحتها بالنية فتجب إما "نية رفع حدث" أو" نية "الطهارة للصلاة"

Fardhu wudhu ada 6, pertama adalah niat, maka status bersuci harus disertai niat, baik niat dalam mengangkat hadats ataupun niat bersuci untuk melakukan shalat..

Ibnu Hajar Al-Haitami, Al-Minhaj Al-Qawim , jilid 1 hal. 23 | Amrozi

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

النية من شرائط الطهارة للأحداث كلها، لا يصح وضوء ولا غسل ولا تيمم، إلا بهاالتيمم إنها طهارة : إلا أنها عبادة، والعبادة لا تكون إلا منوية؛ لأنها قربة إلى الله تعالى، وطاعة له، وامتثال لأمره، ولا يحصل ذلك بغير نية..

Niat adalah salah satu diantara syarat untuk bersuci dari hadats. Wudhu, mandi (junub), dan tayamum tidaklah sah kecuali jika disertai niat. Tayamum adalah termasuk cara bersuci, dan perbuatan tersebut termasuk ibadah, sedangkan ibadah tidak sah kecuali disertai dengan niat. Karena untuk mendekatkan diri kepada Allah swt, taat dan melaksanakan perintah-Nya, dan itu semua tidak akan bisa tercapai tanpa niat..

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 1 hal. 82 | Syarif

Al-Mardawi (w. 885 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf sebagai berikut :

النية شرط لطهارة الحدث كلها

Niat adalah salah satu diantara syarat untuk bersuci dari hadats..

Al-Mardawi, Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf, jilid 1 hal. 142 | Faisal

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

مسألة لا يجزئ الوضوء إلا بنية الطهارة للصلاة ولا يجزئ الوضوء إلا بنية الطهارة للصلاة فرضا وتطوعا لا يجزئ أحدهما دون الآخر ولا صلاة دون صلاة. برهان ذلك الآية المذكورة. لأن الله تعالى لم يأمر فيها بالوضوء إلا للصلاة على عمومها، لم يخص تعالى صلاة من صلاة فلا يجوز تخصيصها

Tidak sah berwudhu kecuali disertai niat bersuci untuk melaksanakan shalat fardhu ataupun Sunnah. Alasan beliau adalah dalam ayat tentang wudhu, yang mana niat untuk berwudhu harus dilaksanakan ketika ingin shalat. Karena Allah swt. tidak memerintahkan niat dalam berwudhu kecuali ketika hendak shalat secara umum. Tanpa pengkhususan apakan shalat fardhu atau Sunnah, maka tidak boleh mengkhususkan hal tersebut..

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 1 hal. 90 | Faisal

Baca Lainnya :

Batasan Mengusap Kepala Dalam Wudhu
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 16 March 2015, 07:07 | published
Menyentuh Kemaluan, Apakah Membatalkan Wudhu?
Imamuddin Mukhtar | 19 March 2015, 06:44 | published
Menyentuh Wanita, Apakah Membatalkan Wudhu?
Muhamad Amrozi | 18 March 2015, 07:01 | published
Makan Daging Unta, Apakah Membatalkan Wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 20 March 2015, 10:02 | published
Apakah Memakan Makanan Yang Dibakar Membatalkan Wudhu
Muhammad Syarif Hidayatullah | 17 March 2015, 07:02 | published
Posisi Tidur Seperti Apa Yang Tidak Membatalkan Wudhu?
Muhammad Syarif Hidayatullah | 10 April 2015, 10:02 | published
Menyentuh Mushaf, Apakah Harus Berwudhu?
Muhamad Amrozi | 8 April 2015, 07:03 | published
Apakah Berwudhu Harus Berurutan ?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 14 April 2015, 10:04 | published
Wajibkah Mengusap Telinga Dalam Wudhu?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 21 April 2015, 10:04 | published
Apa Hukum Mengusap Kepala Secara Keseluruhan?
Imamuddin Mukhtar | 20 April 2015, 10:05 | published
Hukum Membasuh Jenggot Yang Panjang Ketika Berwudhu
Muhamad Amrozi | 22 April 2015, 07:06 | published
Haruskah Wanita Istihadhah Berwudhu' di Setiap Waktu Shalat?
Qathrin Izzah Fithri | 12 May 2015, 06:19 | published
Berwudhu Tanpa Niat, Sah Atau Tidak?
Muhammad Syarif Hidayatullah | 23 April 2015, 10:06 | published
Tadlik dalam Wudhu, Wajibkah?
Muhammad Aqil Haidar | 24 April 2015, 10:07 | published
Hukum Membasuh Perban
Tajun Nashr, Lc | 11 September 2015, 13:54 | draft
Hukum Wudhu Dalam Thawaf
Muhammad Aqil Haidar | 22 October 2015, 21:11 | draft
Wajibkah wudhu bagi seorang khatib?
Muhammad Aqil Haidar | 29 October 2015, 04:21 | draft
Kapan disunnahkan memperbaharui wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 5 November 2015, 03:32 | draft
Haruskah wudhu dilakukan secara muwalah?
Muhammad Aqil Haidar | 12 November 2015, 03:52 | draft
Sahkah wudhu tanpa membaca bismillah?
Muhammad Aqil Haidar | 19 November 2015, 03:56 | draft
Wajibkah berkumur dalam wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 26 November 2015, 03:02 | draft
Wajibkah istinsyaq dalam wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 3 December 2015, 00:06 | draft
Sunnahkah mengusap leher dalam wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 10 December 2015, 03:19 | draft
Hukum menjatuhkan air bekas wudhu di masjid
Muhammad Syarif Hidayatullah | 1 November 2015, 07:26 | draft
Apakah murtad membetalkan wudhu
Muhammad Syarif Hidayatullah | 1 November 2015, 07:41 | draft