Apa Hukum Mengusap Kepala Secara Keseluruhan?

Mon 20 April 2015 10:05 | 0
Imamuddin Mukhtar

 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

فكان المراد من المسح بالرأس مقدار الناصية

Yang dimaksud mengusap kepala ialah cukup dengan mengusap ubun-ubun.

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 5 | Ajib

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

وظاهره استيعاب تمام المقدم، وتمام مقدم الرأس هو الربع المسمى بالناصية

Pendapat yang kuat mengenai hal ini ialah mengusap bagian depan kepala, dan bagian depan yang dimaksud ialah seperempat kepala yang disebut nashiyah (ubun-ubun). .

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 18 | Imam

Az-Zaila'i (w. 743 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq sebagai berikut :

ومسح ربع رأسه لحديث المغيرة «أنه - عليه السلام - مسح على ناصيته» وهي الربع

Kemudian mengusap seperempat bagian kepala, berdasarkan hadist dari Mughirah, bahwasanya nabi mengusap ubun-ubunnya. Yang dimaksud disini ialah seperempat. .

Az-Zaila'i, Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq, jilid 1 hal. 3 | Aqil

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

واختلف أصحاب مالك وسائر أهل المدينة في عموم مسح الرأس فمنهم من قال: لا يجزئ مسح بعض الرأس وهو قول مالك المشهور

Dalam pemaparannya beliau menyebutkan pendapat masyhur Imam Malik bahwa yang wajib diusap ialah seluruh bagian kepala. .

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 169 | Ajib

Al-Qarafi (w. 684 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Adz-Dzakhirah sebagai berikut :

الفرض الخامس مسح جميع الرأس في الكتاب يمسح الرجل والمرأة على الرأس كله

Fardhu yang kelima ialah mengusap seluruh bagian kepala baik laki-laki ataupun perempuan.

Al-Qarafi, Adz-Dzakhirah, jilid 1 hal. 259 | Syarif

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Raudhatu Ath-Thalibin sebagai berikut :

العاشرة: استيعاب الرأس بالمسح

Diantara sunah wudhu yang kesepuluh ialah: mengusap seluruh bagian kepala.

An-Nawawi, Raudhatu Ath-Thalibin, jilid 1 hal. 60 | Amrozi

Zakaria Al-Anshari (w. 926 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib sebagai berikut :

منها استيعاب مسح الرأس

Beliau juga menyebutkan bahwa diantara sunah wudhu ialah mengusap seluruh bagian kepala , sebagamana pendapat Imam An-Nawawi diatas.

Zakaria Al-Anshari, Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib, jilid 1 hal. 40 | Syarif

Ibnu Hajar Al-Haitami (w. 974 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Minhaj Al-Qawim sebagai berikut :

ومسح جميع الرأس

Diantara sunah wudhu ialah mengusap seluruh bagian kepala.

Ibnu Hajar Al-Haitami, Al-Minhaj Al-Qawim , jilid 1 hal. 28 | Faisal

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

مسألة: قال: ومسح الرأس لا خلاف في وجوب مسح الرأس، وقد نص الله تعالى عليه بقوله {وامسحوا برءوسكم} [المائدة: 6] واختلف في قدر الواجب؛ فروي عن أحمد وجوب مسح جميعه في حق كل أحد. وهو ظاهر كلام الخرقي ومذهب مالك وروي عن أحمد يجزئ مسح بعضه

Hukum mengusap kepala adalah wajib sebagaimana dalam surah Al-Maidah:6. adapun terkait mengusap secara keseluruhan , maka terdapat beberapa pendapat, yaitu: Diriwayatkan dari Ahmad bahwa wajib mengusap seluruh bagian kepala, sebagaimana pendapat Al-khiraqi dan Mazhab Al-Malikiyah , dan disisi lain, diriwayatkan juga dari Ahmad bahwa boleh mengusap sebagian kepala.

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 1 hal. 92 | Imam

Ibnu Taimiyah (w. 728 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Fatawa Al-Kubra sebagai berikut :

الحمد لله، اتفق الأئمة كلهم على أن السنة مسح جميع الرأس، كما ثبت في الأحاديث الصحيحة وذهب آخرون إلى وجوب مسح جميعه، وهو المشهور من مذهب مالك، وأحمد. وهذا القول هو الصحيح،

Para Imam menyepakati bahwa yang menjadi sunah ialah mengusap seluruh bagian kepala sebagaimana dalam beberapa hadits-hadits shahih. Sedangkan ulama yang lain diantaranya Imam Malik dan Ahmad mewajibkan mengusap seluruh nya, dan inilah pendapat yang shahih .

Ibnu Taimiyah, Al-Fatawa Al-Kubra, jilid 1 hal. 276 | Faisal

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

وأما الاقتصار على بعض الرأس فإن الله تعالى يقول: {وامسحوا برءوسكم} [المائدة: 6] والمسح في اللغة التي نزل بها القرآن هو غير الغسل بلا خلاف، والغسل يقتضي الاستيعاب والمسح لا يقتضيه

Adapun dalam mencukupkan dengan mengusap sebagian kepala dalam wudhu, maka Ibnu Hazm menyebutkan bahwa kalimat “mengusap” berbeda dengan “membasuh” tanpa ada pertentangan, dan membasuh itu mencakup keseluruhan adapun mengusap maka tidak harus secara keseluruhan.

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 1 hal. 298 | Faisal

Baca Lainnya :

Batasan Mengusap Kepala Dalam Wudhu
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 16 March 2015, 07:07 | published
Menyentuh Kemaluan, Apakah Membatalkan Wudhu?
Imamuddin Mukhtar | 19 March 2015, 06:44 | published
Menyentuh Wanita, Apakah Membatalkan Wudhu?
Muhamad Amrozi | 18 March 2015, 07:01 | published
Makan Daging Unta, Apakah Membatalkan Wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 20 March 2015, 10:02 | published
Apakah Memakan Makanan Yang Dibakar Membatalkan Wudhu
Muhammad Syarif Hidayatullah | 17 March 2015, 07:02 | published
Posisi Tidur Seperti Apa Yang Tidak Membatalkan Wudhu?
Muhammad Syarif Hidayatullah | 10 April 2015, 10:02 | published
Menyentuh Mushaf, Apakah Harus Berwudhu?
Muhamad Amrozi | 8 April 2015, 07:03 | published
Apakah Berwudhu Harus Berurutan ?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 14 April 2015, 10:04 | published
Wajibkah Mengusap Telinga Dalam Wudhu?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 21 April 2015, 10:04 | published
Apa Hukum Mengusap Kepala Secara Keseluruhan?
Imamuddin Mukhtar | 20 April 2015, 10:05 | published
Hukum Membasuh Jenggot Yang Panjang Ketika Berwudhu
Muhamad Amrozi | 22 April 2015, 07:06 | published
Haruskah Wanita Istihadhah Berwudhu' di Setiap Waktu Shalat?
Qathrin Izzah Fithri | 12 May 2015, 06:19 | published
Berwudhu Tanpa Niat, Sah Atau Tidak?
Muhammad Syarif Hidayatullah | 23 April 2015, 10:06 | published
Tadlik dalam Wudhu, Wajibkah?
Muhammad Aqil Haidar | 24 April 2015, 10:07 | published
Hukum Membasuh Perban
Tajun Nashr, Lc | 11 September 2015, 13:54 | draft
Hukum Wudhu Dalam Thawaf
Muhammad Aqil Haidar | 22 October 2015, 21:11 | draft
Wajibkah wudhu bagi seorang khatib?
Muhammad Aqil Haidar | 29 October 2015, 04:21 | draft
Kapan disunnahkan memperbaharui wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 5 November 2015, 03:32 | draft
Haruskah wudhu dilakukan secara muwalah?
Muhammad Aqil Haidar | 12 November 2015, 03:52 | draft
Sahkah wudhu tanpa membaca bismillah?
Muhammad Aqil Haidar | 19 November 2015, 03:56 | draft
Wajibkah berkumur dalam wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 26 November 2015, 03:02 | draft
Wajibkah istinsyaq dalam wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 3 December 2015, 00:06 | draft
Sunnahkah mengusap leher dalam wudhu?
Muhammad Aqil Haidar | 10 December 2015, 03:19 | draft
Hukum menjatuhkan air bekas wudhu di masjid
Muhammad Syarif Hidayatullah | 1 November 2015, 07:26 | draft
Apakah murtad membetalkan wudhu
Muhammad Syarif Hidayatullah | 1 November 2015, 07:41 | draft