Pengaruh Kholwah Dalam Penentuan Mahar

Sun 1 November 2015 11:51 | 0
Siti Sarah Fauzia

 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

فلها كمال المهر، وعليها كمال العدة إن كان قد خلا بها في قول أبي حنيفة

Maka istri berhak atas sempurnanya mahar dan wajib melakukan iddah jika suami telah berkholwah dengannya. Ini adalah pendapat Abu Hanifah..

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 2 hal. 327 | Nisa

Al-Babarty (w. 786 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-'inayah Syarhul Hidayah sebagai berikut :

وإذا خلا الزوج بامرأته هذا بيان أن الخلوة الصحيحة بمنزلة الدخول في حق لزوم كمال المهر وغيره عندنا

Jika seorang suami berkholwah dengan istrinya, (ini penjelasan bahwa kholwah shohihah sama seperti dukhul) dalam hak pemberian mahar secara sempurna.

Al-Babarty, Al-'inayah Syarhul Hidayah, jilid 3 hal. 331 | Siska

Al-Mawaq (w. 897 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya At-Taju wa Al-Iklil sebagai berikut :

إن وافقته بعد الخلوة على عدم مسيسه ففيها لمالك إنما عليه نصف المهر.

jika seorang istri membenarkan perkataan suaminya bahwa setelah khalwah tidak terjadi sentuhan fisik, maka menurut Imam Malik, maka suami wajib membayar setengah mahar.

Al-Mawaq, At-Taju wa Al-Iklil, jilid 5 hal. 185 | Sarah

Al-Mawardi (w. 450 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Hawi Al-Kabir sebagai berikut :

أنه صورها على قوله في القديم أن الخلوة توجب العدة، وكمال المهر

Imam Syafi'i menjelaskan dalam qaul qadim bahwasannya adanya khalwah mewajibkan istri untuk melakukan iddahnya dan suami membayar mahar dengan sempurna..

Al-Mawardi, Al-Hawi Al-Kabir, jilid 10 hal. 333 | Achad

Asy-Syirazi (w. 476 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

واختلف قوله في الخلوة فقال في القديم تقرر المهر لأنه عقد على المنفعة فكان التمكين فيه كالاستيفاء في تقرر البدل كالإجارة وقال في الجديد: لا تقرر لأنها خلوة فلا تقرر المهر كالخلوة في غير النكاح

Imam Syafi'i berbeda pendapat dalam masalah khalwah, ia berkata dalam qaul qadimnya bahwa mahar menjadi wajib dibayarkan, karena pernikahan merupakan akad manfaat, dimana dimungkinkan terjadi jima' di dalamnya. Sebagaimana dalam akad sewa menyewa, seseorang wajib memberi imbalan atas manfaat yang didapatkan. Dan dalam qaul jadidnya, Imam Syafi'i mengatakan bahwa mahar tidak wajib atas suami, sebab itu hanya sekedar khalwah, yang hukumnya sama seperti khalwah diluar pernikahan..

Asy-Syirazi, Al-Muhadzdzab, jilid 2 hal. 446 | Achad

Al-Imam Al-Haramain (w. 478 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Nihayatul Mathlab Fii Diroyatil Madzhab sebagai berikut :

فالمنصوص عليه للشافعي في الجديد: أن الخَلوة لا تقرر ولا توجب العدة، ولا يتعلق بها حكم. وقال في القديم: الخَلوة [تقرر المهر، وتوجب العدّة

Menurut Imam Syafi'i dalam qaul jadidnya :” Sesungguhnya khalwat bukanlah faktor penentu diwajibkannya iddah, dan tidak ada kaitannya dengan hukum. Sebaliknya ia berkata dalam qaul qadimnya: “Khalwat sebagai penentu diwajibkannya mahar dan masa iddah”.

Al-Imam Al-Haramain, Nihayatul Mathlab Fii Diroyatil Madzhab, jilid 13 hal. 178 | Achad

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

أن الرجل إذا خلا بامرأته بعد العقد الصحيح استقر عليه مهرها ووجبت عليها العدة

Jika suami berkhalwah dengan istrinya setelah terjadi akad nikah yang sah, maka wajib bagi suami membayar mahar dan wajib atas istri melakukan iddah .

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 7 hal. 248 | Zuria

Az-Zarkasyi (w. 772 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Syarah Az-Zarkasyi ala Mukhtashar Al-Khiraqi sebagai berikut :

الخلوة بالمرأة بعد العقد في الجملة حكمها حكم الدخول في استقرار المهر وإن لم يطأ

Apabila terjadi khalwah antara suami dengan istrinya setelah akad nikah, maka hukumnya sama dengan hukum dukhul dalam penetapan mahar walaupun belum terjadi jima'.

Az-Zarkasyi, Syarah Az-Zarkasyi ala Mukhtashar Al-Khiraqi, jilid 5 hal. 313 | Zuria

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

مسألة: ومن طلق قبل أن يدخل بها فلها نصف الصداق الذي سمي لها - وكذلك لو دخل بها ولم يطأها - طال مقامه معها أو لم يطل - هذا في كل مهر كان بصفة غير معين، كعدد، أو وزن، أو كيل، أو شيء موصوف، أو في مكان بعينه إن وجد صحيحا، وسواء كان تزوجها بصداق مسمى في نفس العقد أو تراضيا عليه بعد ذلك أو لم يتراضيا، فقضي لها بمهر مثلها.

Seseorang yang mentalak istrinya sebelum dukhul maka istri berhak atas setengah mahar yang telah disebutkan, begitu juga jika keduanya sudah dukhul tetapi belum jima, baik bersama dengannya dalam waktu lama ataupun tidak. Ini berlaku bagi semua mahar yang tidak ditentukan (jumlah, berat, massa, atau sesuatu yang bisa disifati, atau di tempat tertentu), baik pernikahan dengan mahar musamma ataupun mahar mitsl. .

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 9 hal. 73 | Nisa

Baca Lainnya :

Definisi Kholwah Shohihah Dalam Pernikahan
Miratun Nisa | 29 October 2015, 11:45 | published
Baru Kholwah Sudah Dicerai, Wajibkah Iddah?
Achadiah | 26 October 2015, 23:49 | published
Pengaruh Kholwah Dalam Penentuan Mahar
Siti Sarah Fauzia | 1 November 2015, 11:51 | published