|


 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

وإن صلى خلفه جازت صلاته

“apabila ia (makmum) sholat sendirian di belakang imam sah sholatnya”..

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 159 | Kholisnawati

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

ويكره أن يصلي منفردا خلف الصف

makruh shalat sendirian dibelakang shaf.

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 357 | Taslima

Al-Hashkafi (w. 1088 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor sebagai berikut :

وكذا يكره خلفه على الاصح

makruh shalat dibelakangnya (imam), itu pendapat yang lebih shahih.

Al-Hashkafi, Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor, jilid 1 hal. 78 | Taslima

Al-Imam Malik (w. 179 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Mudawwanah Al-Kubra sebagai berikut :

من صلى خلف الصفوف وحده فإن صلاته تامة مجزئة عنه ولا يجبذ إليه أحدا

“barangsiapa yang shalat sendirian di belakang shaf maka shalatnya sah sempurna serta tidak perlu menarik orang lain ke posisinya”. .

Al-Imam Malik, Al-Mudawwanah Al-Kubra, jilid 1 hal. 194 | Kholisnawati

Ibnu Hajib (w. 776 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya At-Taudhih fi Syarhil Mukhtashar Ibnul Hajib sebagai berikut :

إذا صلى رجل خلف الصف فصلاته صحيحة

“apabila seseorang sholat di belakang shaf maka sah sholatnya”..

Ibnu Hajib , At-Taudhih fi Syarhil Mukhtashar Ibnul Hajib, jilid 1 hal. 489 | Nimah

Muhammad 'Illisy (w. 1299 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Manhu Al-Jalil Syahru 'Ala Mukhtashar Khalil sebagai berikut :

(و) جاز (صلاة) مأموم مقتد بالإمام الذي خلفه صف (منفرد) عن المأمومين (خلف صف) إن لم يمكنه الدخول فيه. وإلا كره ويحصل له فضل الجماعة على كل حال وفضيلة الصف إن لم يمكنه الدخول فيه

“sah sholatnya seorang makmum yang mengikuti imam di belakang shaf sendirian jika tidak memungkinkan masuk ke dalam shaf tetapi makruh baginya (jika masih memungkinkan masuk)dan dia tetap mendapatkan keutamaan sholat berjamaah bagaimanapun keadaaannya dan keutamaan shaf jika tidak memungkinkan baginya masuk dalam shaf (makmum lainnya)”..

Muhammad 'Illisy, Manhu Al-Jalil Syahru 'Ala Mukhtashar Khalil, jilid 1 hal. 371 | Nimah

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

لو صلى منفردا خلف الصف مع تمكنه من الصف كره وصحت صلاته

“Apabila shalat sendirian dibelakang shaf sedangkan memungkinkan baginya untuk sejajar dengan shaf maka hal itu dimakruhkan, dan shalatnya tetap sah”..

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 297 | Neng

Al-Khatib Asy-Syirbini (w. 977 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Mughni Al-Muhtaj sebagai berikut :

ويكره وقوف المأموم فردا ) عند اتحاد الجنس

Makruh hukumnya bagi ma’mum yang shalat sendirian pada saat jamaah.

Al-Khatib Asy-Syirbini, Mughni Al-Muhtaj , jilid 1 hal. 247 | Mega

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

ومن صلى خلف الصف وحده، أو قام بجنب الإمام عن يساره، أعاد الصلاة

Barangsiapa yang shalat sendirian di belakang shaf atau shalat sendirian di sebelah kiri imam maka dia harus mengulang kembali shalatnya.

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 2 hal. 155 | Rahmi

Al-Buhuti (w. 1051 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Kasysyaf Al-Qinna' sebagai berikut :

تصح من منفرد ولو لغير عذر وفي صلاته ) أي المنفرد ( فضل مع الإثم

Diperbolehkan shalat sendirian (di belakang imam)meskipun tanpa alasan dan dalam shalatnya (shalat sendiri) terdapat fadilah bersamaan dengan dosa. .

Al-Buhuti, Kasysyaf Al-Qinna', jilid 1 hal. 455 | Mega

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

وأيما رجل صلى خلف الصف بطلت صلاته

Siapapun yang shalat di belakang shaf maka shalatnya batal.

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 2 hal. 372 | Rahmi

Baca Lainnya :