|


 

As-Sarakhsi (w. 483 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Mabsuth sebagai berikut :

اقتداء المتنفل بالمفترض فهو جائز... فأما المفترض إذا اقتدى بالمتنفل عندنا فلا يصح الاقتداء

Orang yang shalat sunnah bermakmum pada orang yang shalat fardhu maka hukumnya boleh… Adapun orang yang shalat fardhu bermakmum pada orang yang shalat sunnah maka hukumnya tidak boleh menurut madzhab kami.

As-Sarakhsi, Al-Mabsuth, jilid 1 hal. 136 | Kartika

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

لا يجوز اقتداء مصلي الظهر بمصلي العصر، ولا اقتداء من يصلي ظهرا بمن يصلي ظهر يوم غير ذلك اليوم عندنا

Orang yang shalat dzuhur tidak boleh bermakmum pada orang yang shalat ashar, begitupula tidak boleh orang yang shalat dzuhur pada hari itu bermakmum dengan orang yang melakukan qodha shalat dzuhur menurut madzhab kami.

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 144 | Kartika

Ibnu Nujaim (w. 970 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Bahru Ar-Raiq Syarah Kanzu Ad-Daqaiq sebagai berikut :

فَسَدَ اقْتِدَاءُ الْمُفْتَرِضِ بِإِمَامٍ مُتَنَفِّلٍ أَوْ بِإِمَامٍ يُصَلِّي فَرْضًا غَيْرَ فَرْضِ الْمُقْتَدِي؛ لِأَنَّ الِاقْتِدَاءَ بِنَاءٌ، وَوَصْفُ الْفَرْضِيَّةِ مَعْدُومٌ فِي حَقِّ الْإِمَام فِي الْأُولَى وَهُوَ مُشَارَكَةٌ وَمُوَافَقَةٌ فَلَا بُدَّ مِنْ الِاتِّحَادِ وَهُوَ مَعْدُومٌ فِي الثَّانِيَةِ وَاَلَّذِي صَحَّ عِنْدَ أَئِمَّتِنَا

.

Ibnu Nujaim, Al-Bahru Ar-Raiq Syarah Kanzu Ad-Daqaiq, jilid 1 hal. 382 | Ahda

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

ولا يجوز عند مالك لأحد أن يصلي فرضا يخالف فيه فرض إمامه خلفه ولا أن يصلي الفرض خلف متنقل ولا خلف من لا تجب الصلاة عليه لصغره وجائز صلاة النافلة خلف من لم يحتلم إذا كان يعقل حدود الصلاة ويتحفظ من الأنجاس. وجائز للمتنفل أن يأتم بمن يصلي الفرض

Menurut Imam Malik tidak boleh bagi seorangpun shalat wajib yang menyelisihi shalatnya imam. Juga orang yang shalat wajib di belakang orang yang shalat sunnah. Dan tidak boleh shalat di belakang orang yang belum diwajibkan shalat karena masih kecil. Diperbolehkan shalat sunnah dibelakang orang yang belum baligh dan boleh juga orang yang shalat sunnah bermakmum kepada orang yang shalat fardhu.

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 212 | Anis

Dalam hal ini Imam Ibnu 'Abdil Barr sepakat dengan pendapat Imam Malik. Ibnu Juzai Al-Kalbi (w. 741 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Qawanin Al-Fiqhiyah sebagai berikut :

يشترط اتفاق نية الإمام والمأموم في الفريضة فلا يصلي ظهرا خلف من يصلي عصرا خلافا للشافعي ويجوز أن يؤم المفترض المتنفل اتفاقا ولا يجوز العكس خلافا للشافعي

Disyaratkan kesesuaian niat imam dan makmum dalam suat shalat wajib, maka tidak boleh shalat dzuhur dibelakang orang yang shalat ashar, pendapat ini bertentangan dengan Imam Syafi’i. Dan orang yang shalat sunnah boleh berimam dengan orang yang shalat wajib tetapi tidak boleh jika sebaliknya. Pendapat ini bertentangan dengan Imam Syafi’i.

Ibnu Juzai Al-Kalbi, Al-Qawanin Al-Fiqhiyah, jilid 1 hal. 49 | Anis

An-Nafarawi (w. 1126 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Fawakih Ad-Dawani sebagai berikut :

فَلَا تَصِحُّ ظُهْرٌ خَلْفَ عَصْرٍ وَلَا عَكْسُهُ، وَلَا أَدَاءً خَلْفَ قَضَاءٍ وَلَا عَكْسُهُ، وَلَا ظُهْرُ سَبْتٍ خَلْفَ ظُهْرِ أَحَدٍ وَلَا عَكْسُهُ

dan tidak sah orang yang sholat dhuhur berimam kepada yang sholat asar dan sebaliknya, dan tidak pula berimam kepada yang mengqodho' dan sebaliknya, dan tidak pula orang yang sholat dhuhur hari sabtu berimam kepada orang yang shlat dhuhur hari ahad.

An-Nafarawi, Al-Fawakih Ad-Dawani, jilid 1 hal. 206 | Ahda

Asy-Syirazi (w. 476 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

الاقتداء يقع بالأفعال الظاهرة وذلك يمكن مع اختلاف النية

bermakmum itu mengikuti gerakan-gerakan dzahir dan itu bisa terjadi walaupun berbeda niat.

Asy-Syirazi, Al-Muhadzdzab, jilid 11 hal. 185 | Sofyana

Al-Imam Al-Haramain (w. 478 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Nihayatul Mathlab Fii Diroyatil Madzhab sebagai berikut :

اختلاف نية الإمام والمأموم في الصلاة لا يمنع القدوة عندنا

Berbedanya niat imam dan makmum dalam shalat tidak menghalangi sahnya jamaah menurut madzhab kami.

Al-Imam Al-Haramain, Nihayatul Mathlab Fii Diroyatil Madzhab, jilid 2 hal. 373 | Sofyana

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

قد ذكرنا أن مذهبنا جواز صلاة المتنفل والمفترض خلف متنفل ومفترض في فرض آخر

Pendapat mazhab kami adalah :" Orang yang sholat sunnah dan sholat fardhu boleh bermakmum kepada orang yang sholat sunnah dan orang yang sholat sunnah boleh bermakmum kepada sholat fardhu yang lain.

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 271 | Irma

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

وفي صلاة المفترض خلف المتنفل روايتان: إحداهما: لا تصح. نص عليه أحمد، في رواية أبي الحارث، وحنبل. واختارها أكثر أصحابنا.

dalam hal makmum sholat fardhu berimam kepada imam sholat sunnah , ada dua riwayat : salah satunya berpendapat : "Tidak Sah ", merujuk nash dari Ahmad, dalam riwayat Abi Al-Harits dan Hanbal, dan ini yang banyak dipilih dari mazhab kami..

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 2 hal. 166 | Irma

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

ومن نسي صلاة فرض - أي صلاة كانت - فوجد إماما يصلي صلاة أخرى - أي صلاة كانت - في جماعة: ففرض عليه ولا بد أن يدخل فيصلي التي فاتته، وتجزئه، ولا نبالي باختلاف نية الإمام والمأموم وجائز صلاة الفرض خلف المتنفل: والمتنفل خلف من يصلي الفرض

Siapa saja yang lupa akan shalat fardhu (atau shalat apapun) dan ia menjumpai seorang imam yang sedang shalat secara berjamaah maka diwajibkan atasnya untuk masuk dalam jamaah dan mengerjakan shalat yang tertinggal darinya, dan shalatnya sah tanpa memperdulikan niat antara imam dan makmum. Dan dibolehkan shalat fardhu di belakang (bermakmum) orang yang shalat Sunnah dan demikian pula sebaliknya..

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 3 hal. 140 | Isnain

Baca Lainnya :