|


 

Al-'Adhwi (w. 1189 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Hasyiyatu Al-'Adhwi 'ala Kifayati Ath-Thalib Ar-Rabbani sebagai berikut :

[] فلا يصح الاقتداء بمن يسقط القراءة من الأخيرتين أو يترك الرفع من الركوع أو السجود مثلا

Dan sesuai dengan madzhab makmum, maka tidak sah mengikuti shalat orang yang tidak membaca surah pada dua rakaat terakhir; atau orang yang meninggalkan berdiri dari ruku� atau sujud..

Al-'Adhwi, Hasyiyatu Al-'Adhwi 'ala Kifayati Ath-Thalib Ar-Rabbani, jilid 1 hal. 300 | Anis

Ash-Shawi (w. 1241 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Hasyiatu Ash-Shawi Ala Asy-Syarhi Ash-Shaghir sebagai berikut :

فلو اقتدى مالكي بحنفي لا يرى ركنية السلام ولا الرفع من الركوع، فإن أتى بهما صحت صلاة مأمومه المالكي، وإن ترك الإمام ذلك كانت صلاة مأمومه المالكي باطلة ولو فعل المأموم ذلك.

Jika seorang bermadzhab maliki shalat di belakang orang yang madzhab Hanafi yang tidak mengakui salam sebagai rukun shalat, begitupula halnya bangkit dari ruku� (i'tidal), jika sang imam melakukan hal itu maka sah shalat makmum yang maliki itu. Tetapi jika imam meninggalkan rukun tersebut, maka shalat makmum maliki batal walaupun makmum melakukannya sendiri.

Ash-Shawi, Hasyiatu Ash-Shawi Ala Asy-Syarhi Ash-Shaghir, jilid 1 hal. 444 | Anis

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

الاقتداء بأصحاب المذاهب المخالفين بأن يقتدي شافعي بحنفي أو مالكي لا يرى قراءة البسملة في الفاتحة ولا إيجاب التشهد الأخير والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم ولا ترتيب الوضوء وشبه ذلك وضابطه أن تكون صلاة الإمام صحيحة في اعتقاده دون اعتقاد المأموم أو عكسه لاختلافهما في الفروع فيه أربعة أوجه

“Bermakmum dengan orang yang madzhabnya berbeda seperti orang yang menganut madzhab Syafi’i bermakmum dengan orang yang mengikuti madzhab hanafi, atau maliki yang tidak mewajibkan basmalah ketika membaca surat Al-Fatihah, atau tidak mewajibkan tasyahhud akhir, dan shalawat kepada Nabi saw ketika tasyahud, tidak mengharuskan adanya tertib dalam wudlu dan semisalnya. Prinsipnya adalah bahwa shalatnya imam itu sah menurut keyakinan imam itu sendiri, bukan makmum atau sebaliknya, karena terdapat perbedaan di antara keduanya dalam hal-hal furu`. Dalam konteks ini ada empat pendapat.".

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 288 | Irma

Al-Haitami (w. 974 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Tuhfatul Muhtaj bi Syarhi Al-Minhaj sebagai berikut :

شرط الإمام أن تكون صلاته صحيحة في اعتقاد المأموم

Syarat imam adalah shalatnya sah dan benar menurut keyakinan makmum.

Al-Haitami, Tuhfatul Muhtaj bi Syarhi Al-Minhaj, jilid 2 hal. 277 | Sofyana

Baca Lainnya :