|


 

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

وعن الهندواني يؤمّن لظاهر الحديث (إذا أمّن الإمام فأمّنوا, فإنه من وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدّم من ذنبه) متفق عليه, وبه يثبت تأمين الإمام بطريق الإشارة

menurut Hinduwani: mengucap amin (juga) karena dilihat dari dhazirnya hadits "jika imam mengucap amin maka ucapkanlah amin, orang yang mengucapkan amin bersama malaikat diampuni dosa-dosa nya" (muttafaq alaih). dari itu imam mengucap amin dengan isyarat.

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 295 | Taslima

Az-Zaila'i (w. 743 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq sebagai berikut :

(وأمن الإمام والمأموم سرا)

“imam dan makmum membaca ‘amiin’ pelan”..

Az-Zaila'i, Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq, jilid 1 hal. 113 | Kholisnawati

Al-Hashkafi (w. 1088 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor sebagai berikut :

وأما حديث إذا أمن الامام فأمنوا فمن التعليق بمعلوم الوجود فلا يتوقف على سماعه منه

hadits "jika imam mengucapkan kata amin maka ucapkanlah amin", hubungannya dengan mengetahui yang ada maka tidak cukup hanya dengan mendengar.

Al-Hashkafi, Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor, jilid 1 hal. 68 | Taslima

Al-Mazari (w. 536 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Syarhu At-Talqin sebagai berikut :

والأفضل للإمام الاجتزاء بتأمين المأموم، والاختيار إخفاء التأمين

“ Yang lebih utama bagi imam adalah cukup dengan bacaan amin makmum, dan pendapat yang terpilih adalah melirihkan bacaan amin.”.

Al-Mazari, Syarhu At-Talqin, jilid 1 hal. 585 | Nimah

Ibnu Basyir Al-Mahdawi (w. 536 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya At-Tanbih ’ala Mabadi Taujih sebagai berikut :

والصحيح عند المتأخرين أن الإمام يؤمن

“pendapat yg benar menurut ulama kontemporer adalah imam membaca ‘amin’”. .

Ibnu Basyir Al-Mahdawi, At-Tanbih ’ala Mabadi Taujih , jilid 1 hal. 413 | Kholisnawati

Ibnu Hajib (w. 776 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya At-Taudhih fi Syarhil Mukhtashar Ibnul Hajib sebagai berikut :

ويؤمن الإمام إذا أسر اتفاقا، فإذا جهر فروى المصريون: لا يؤمن. وروى المدنيون: يؤمن ..... المشهور رواية المصريين،

Semua bersepakat bahwa imam membaca amin dalam sholat sirri, Adapun menurut mishriyyun tidak membaca amin,sedangkan menurut madaniyyun membaca amin… Riwayat yang masyhur adalah riwayat misriyyun.” .

Ibnu Hajib , At-Taudhih fi Syarhil Mukhtashar Ibnul Hajib, jilid 1 hal. 343 | Nimah

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

في مذاهب العلماء في التأمين: قد ذكرنا أن مذهبنا استحبابه للإمام والمأموم

“Madzhab para Ulama di dalam hukum Ta’min (membaca Amin): sebagaimana telah kami sebutkan bahwa madzhab kami menganggap sunnah hal tersebut bagi imam dan makmum”. .

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 373 | Neng

Al-Khatib Asy-Syirbini (w. 977 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Mughni Al-Muhtaj sebagai berikut :

ويؤمن مع تأمين إمامه

Seorang ma’mum membaca amin bersamaan dengan bacaan amin imamnya.

Al-Khatib Asy-Syirbini, Mughni Al-Muhtaj , jilid 1 hal. 161 | Mega

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

وجملته أن التأمين عند فراغ الفاتحة سنة للإمام والمأموم

Secara garis besar membaca amin setelah fatihah hukumnya sunnah bagi imam dan makmum.

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 1 hal. 352 | Rahmi

Al-Buhuti (w. 1051 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Kasysyaf Al-Qinna' sebagai berikut :

يجهر بها إمام ومأموم معا في صلاة جهر

Imam dan ma’mum sama-sama mengeraskan bacaan amin dalam shalat jahr.

Al-Buhuti, Kasysyaf Al-Qinna', jilid 1 hal. 339 | Mega

Baca Lainnya :