|


 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

فإن كان إماما يجب عليه مراعاة الجهر فيما يجهر، وكذا في كل صلاة من شرطها الجماعة كالجمعة والعيدين والترويحات، ويجب عليه المخافتة فيما يخافت، وإنما كان كذلكلأن القراءة ركن يتحمله الإمام عن القوم فعلا.

“apabila dia menjadi imam wajib baginya memperhatikan kapan dia harus mengeraskan bacaannya, begitu juga di sholat-sholat yg lain yg disyaratkan dalam pelaksanaanya berjamaah seperti sholat jumat, dua hari raya dan sholat taarawih.dan dia harus memperhatikan juga kapan dia memelankan suaranya, hal ini dikarenakan bahwa seorang imam menanggung bacaan makmum”. .

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 160 | Kholisnawati

Al-Marghinani (w. 593 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi sebagai berikut :

والإمام ضامن بمعنى أنه تضمن صلاته صلاة المقتدي

imam adalah penjamin, maksudnya shalat imam meliputi shalat makmum.

Al-Marghinani, Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi, jilid 1 hal. 58 | Taslima

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

ولنا قوله عليه الصلاة والسلام: من كان له إمام فقراءة الإمام له قراءة

pendapat kami seperti sabda Rasulullah SAW: siapa yang shalat bersama imam, maka bacaannya bacaan dia juga.

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 338 | Taslima

Al-Mazari (w. 536 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Syarhu At-Talqin sebagai berikut :

والذي ينفرد به المأموم سقوط فرض القراءة والجهر بها وسجود السهو وفعل التسليمة الثانية

“(hukum) tersendiri bagi seorang makmum adalah gugurnya kewajiban bacaan fatihah dan mengeraskannya, sujud sahwi dan salam yang kedua”..

Al-Mazari, Syarhu At-Talqin, jilid 1 hal. 578 | Nimah

Al-Hathab Ar-Ru'aini (w. 954 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Mawahibul Jalil fi Syarhi Mukhtashar Khalil sebagai berikut :

لأنه قال في النوادر ومن كتاب ابن المواز قال: ولا يحمل الإمام عن المأموم تكبيرة الإحرام ويحمل عنه التكبير كله غيرها، ويحمل عنه كل السهو إلا تكبيرة الإحرام والسلام وسجدة أو ركعة، ويحمل عنه غير ذلك نسيه أو تركه عمدا وقد أساء في تعمده، يريد محمد ولا تدخل الجلسة الأخيرة في هذا، انتهى.

“karena sesungguhnya dia berkata dalam an nawadir dan dalam kitab ibnu mawaz berkata: tidaklah menanggung seorang imam takbiratul ihram,tetapi dia menaggung semua takbir selainnya, semua yang terlupa (dari makmum) kecuali takbiratul ihram, salam, sujud dan rukuk dan (imam) menanggung yang selain dari itu yang (makmum) lupa atau tinggalkan secara sengaja, dan sungguh tercela dalam kesengajaannya itu, Muhammad menghendaki bahwa duduk (tahiyyat) akhir tidak masuk dalam hal ini, selesai. .

Al-Hathab Ar-Ru'aini, Mawahibul Jalil fi Syarhi Mukhtashar Khalil, jilid 2 hal. 44 | Nimah

An-Nafarawi (w. 1126 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Fawakih Ad-Dawani sebagai berikut :

وكل سهو سهاه المأموم فالإمام يحمله عنه إلا ركعة أو سجدة أوتكبيرة الإحرام أو السلام واعتقاد نية الفريضة

“Setiap amalan sholat yg makmum lupa mengerjakannya maka tertanggung oleh imam, kecuali sujud, takbiratul ihram, salam dan niat wajibnya shalat”..

An-Nafarawi, Al-Fawakih Ad-Dawani, jilid 1 hal. 213 | Kholisnawati

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

بأن الإمام يتحمل عن المأموم القراءة في الجهرية

“Imam menanggung bacaan-bacaan makmum dalam shalat jahr”..

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 267 | Neng

Baca Lainnya :