|


 

Muhammad bin Abdullah al-Khurasyi (w. 1101 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Syarh Mukhtashar Khalil sebagai berikut :

أن حكم العقيقة الندب على المشهور

Hukum aqiqoh yang masyhur dalam madzhab maliki adalah sunnah.

Muhammad bin Abdullah al-Khurasyi, Syarh Mukhtashar Khalil, jilid 3 hal. 47 | Syafri

Al-Hishni (w. 829 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Kifayatul Akhyar sebagai berikut :

والعقيقة مستحبة وهي الذبيحة عن المولود يوم السابع ويذبح عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة

Aqiqah itu hukumnya mustahab, yaitu menyembelih hewan di hari ke tujuh dari kelahiran bayi, untuk bayi laki laki dua kambing, dan untuk bayi perempuan satu kambing.

Al-Hishni, Kifayatul Akhyar, jilid 1 hal. 534 | Syafaat

Al-Khatib Asy-Syirbini (w. 977 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Mughni Al-Muhtaj sebagai berikut :

يسن أن يعق عن غلام بشاتين و جارية بشاة

Disunnahkan aqiqoh untuk anak laki-laki dua kambing dan anak perempuan satu kambing .

Al-Khatib Asy-Syirbini, Mughni Al-Muhtaj , jilid 6 hal. 151 | Syafri

Ibnu Muflih (w. 763 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Furu' sebagai berikut :

والعقيقة : سنة [ مؤكدة ] على الأب غنيا كان الوالد أو لا

aqiqoh, sunnah muakkadah bagi orang tua kaya maupun miskin.

Ibnu Muflih, Al-Furu', jilid 6 hal. 183 | Hamam

Baca Lainnya :