|


 

As-Sarakhsi (w. 483 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Mabsuth sebagai berikut :

وإذا أخذ المؤذن في الإقامة كرهت للرجل أن يتطوع

Jika muadzin telah mengumandangkan iqomah, maka makruh bagi seseorang mengerjakan shalat sunnah.

As-Sarakhsi, Al-Mabsuth, jilid 1 hal. 167 | Kartika

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

كان المؤذن أخذ في الإقامة يكره له التطوع في المسجد

Makruh bagi seseorang melaksanakan shalat sunnah di masjid jika muadzin telah mengumandangkan iqomah.

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 286 | Kartika

Al-Hashkafi (w. 1088 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor sebagai berikut :

ويشكل عليه ما تقدم في أوقات الصلاة من كراهة التطوع عند الإقامة للمكتوبة

dan sudah dipermasalahkan sebelumnya dalam waktu waktu sholat bahwa makruh bagi seseorang yang melakukan sholat sunnah ketika iqomah sholat wajib telah dikumandangkan .

Al-Hashkafi, Ad-Durr Al-Mukhtar Syarh Tanwirul Abshor, jilid 2 hal. 58 | Ahda

Al-Mazari (w. 536 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Syarhu At-Talqin sebagai berikut :

ومن أقيمت عليه الصلاة وهو بالمسجد ولم يركع للفجر فليصل مع الإِمام ويترك ركعتي الفجر لقوله عليه السلام: إذا أقيمت الصلاة فلا صلاة إلا المكتوبة

Apabila telah iqamah dan seseorang itu berada di dalam masjid, hendaklah ia shalat subuh berjamaah bersama imam dan meninggalkan shalat sunnah fajar, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, Jika shalat telah ditegakkan, maka tidak ada shalat kecuali shalat wajib..

Al-Mazari, Syarhu At-Talqin, jilid 1 hal. 774 | Anis

Al-Mawaq (w. 897 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya At-Taju wa Al-Iklil sebagai berikut :

وخارجه ركعهما إن لم يخف فوات ركعة

dan melakukannya diluar masjid jika tidak takut tertinggal rokaat sholat.

Al-Mawaq, At-Taju wa Al-Iklil, jilid 2 hal. 394 | Ahda

Muhammad 'Illisy (w. 1299 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Manhu Al-Jalil Syahru 'Ala Mukhtashar Khalil sebagai berikut :

وشرط طلب النفل القبلي اتساع وقت الفرض سواء كان المصلي فذا أو جماعة

Syarat melaksanakan shalat sunnah qabliyah adalah cukupnya waktu untuk mengerjakannya. Baik bagi orang yang shalat sendirian ataupun berjamaah.

Muhammad 'Illisy, Manhu Al-Jalil Syahru 'Ala Mukhtashar Khalil, jilid 1 hal. 340 | Anis

Muhammad 'Illisy (w. 1299 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Manhu Al-Jalil Syahru 'Ala Mukhtashar Khalil sebagai berikut :

(وإن أقيمت الصبح) للراتب على من لم يصل الرغيبة (وهو) أي من لم يصل الرغيبة (بمسجد) أو رحبته (تركها) أي الرغيبة وجوبا ودخل مع الإمام في الصبح

Jika shalat subuh telah dimulai, maka orang yang belum mengerjakan shalat sunnah wajib meninggalkannya dan bergabung dalam jamaah bersama imam..

Muhammad 'Illisy, Manhu Al-Jalil Syahru 'Ala Mukhtashar Khalil, jilid 1 hal. 349 | Anis

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

(وإن حضر وقد اقيمت الصلاة لم يشتغل عنها بنافلة لما روي أن النبي صلى الله عليه وسلم قال " إذا أقيمت الصلاة فلا صلاة إلا المكتوبة ")

jika telah masuk waktu shalat dan iqomat telah dikumandangkan jangan menyibukkan diri dengan sesuatu hal yang sunnah , sebagaimana diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW " JIka telah telah dikumandangkan iqomat , maka janganlah sholat kecuali sholat yang maktubah (Sholat Fardhu ).

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 212 | Irma

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

ولا يقيم حتى يأذن له الإمام

Tidak boleh dikumandangkan iqomat sampai imam mengizinkan .

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 1 hal. 302 | Irma

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

وإن دخل في ركعتي الفجر فأقيمت صلاة الصبح فقد بطلت الركعتان، ولا فائدة له في أن يسلم منهما، ولو لم يبق عليه منهما إلا السلام لكن يدخل بابتداء التكبير في صلاة الصبح كما هو. فإذا أتم صلاة الصبح فإن شاء ركعهما، وإن شاء لم يركعهما، وهكذا يفعل كل من دخل في نافلة، وأقيمت عليه صلاة الفريضة

Jika seseorang sedang melaksanakan shalat sunnah fajar kemudian dikumandangkan iqamah shalat shubuh maka batal shalat shalat sunnahnya. Dan tidak ada faidahnya dia melanjutkan sampai salam, meskipun hanya tinggal salam tetapi telah dimulai takbir shalat subuh hukumnya tetap sama. Maka jika dia telah selesai shalat shubuh diperbolehkan untuk shalat (Sunnah fajar) atau tidak shalat, dan demikian pula yang dilakukan pada setiap shalat Sunnah jika sudah dikumandangkan iqamah shalat fardhu.

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 2 hal. 146 | Isnain

Baca Lainnya :