Adakah Masyru'iyah Shalat Qabliyah Jumat?

Mon 7 September 2015 04:13 | 0
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc

 

As-Sarakhsi (w. 483 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Mabsuth sebagai berikut :

والتطوع بعد الجمعة أربع لا فصل بينهن إلا بتشهد وقبل الجمعة أربع

Shalat sunnah sebelum jum'at itu empat raka'at, dipisahkan dengan tasyahhud, dan sebelumnya empat raka'at.

As-Sarakhsi, Al-Mabsuth, jilid 1 hal. 157 | Amrozi

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

وأما السنة قبل الجمعة وبعدها فقد ذكر في الأصل: وأربع قبل الجمعة، وأربع بعدها،

Adapun shalat sunah qobliyah sebelum Jumat dan setelahnya maka telah disebutkan dalam Al-Ashl bahwasanya: 4 Rakaat sebelum Jumat dan Empat Rakaat setelahnya ..

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 0 hal. 0 | Imam

Ad-Dasuqi (w. 1230 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Hasyiyatu Ad-Dasuqi 'ala Asy-Syarah Al-Kabir sebagai berikut :

كما يكره التنفل للجالس في المسجد يوم الجمعة عند الأذان الأول بالقيد المذكور يكره أيضا المبادرة به عند الأذان للجالس في المسجد في غير الجمعة فينبغي له أن يؤخر حتى يفرغ الأذان بخلاف الداخل

sebagaimana dimakruhkan shalat sunah bagi orang yang duduk dimasjid pada hari jumat ketika adzan pertama berkumandang dengan ketentuan-ketentuan yang sudah disebutkan sebelumnya. demikian juga dimakruhkan bagi orang yang yang telah duduk di dalam masjid untuk bergegas dan melaksankan shalat sunah ketika adzan berkumandang. dianjurkan baginya agar mengakhirkan shalat sunah sampai selesai adzan, hal ini berbeda dengan seorang yang baru saja memasuki masjid ketika adzan..

Ad-Dasuqi, Hasyiyatu Ad-Dasuqi 'ala Asy-Syarah Al-Kabir, jilid 1 hal. 313 | Faisal

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut :

في سنة الجمعة بعدها وقبلها: تسن قبلها وبعدها صلاة وأقلها ركعتان قبلها وركعتان بعدها والأكمل أربع قبلها وأربع بعدها

Masalah sholat sunnah Jumat : " disunnahkan sholat sunnah qobliyah dan ba'diyah pada sholat Jumat. minimal dua rokaat sebelum dan sesudah nya. namun yang paling sempurna adalah empat rokaat sebelum dan sesudah sholat Jumat..

An-Nawawi, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 9 | Amrozi

Ibnu Hajar Al-Haitami (w. 974 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Minhaj Al-Qawim sebagai berikut :

وأما"ويستحب زيادة" رواتب أخر غير ما مر لكنها ليست مؤكدة وهي فعل "ركعتين قبل الظهر و" ركعتين "قبل الجمعة

Shalat sunnah rawatib selain yang telah disebutkan adalah dua rakaat sebelum Dzuhur dan Jumat, meskipun keduanya bukan sunnah muakkadah.

Ibnu Hajar Al-Haitami, Al-Minhaj Al-Qawim , jilid 1 hal. 140 | Aqil

Ar-Ramli (w. 1004 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Nihayatul Muhtaj sebagai berikut :

وينوي بالقبلية سنة الجمعة كالبعدية، ولا أثر لاحتمال عدم وقوعها خلافا لصاحب البيان

Dan seseorang berniat sholat Qobliyah sebelum sholat Jumat seperti sholat ba'diyah, .

Ar-Ramli, Nihayatul Muhtaj, jilid 2 hal. 111 | Ajib

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

فأما الصلاة قبل الجمعة، فلا أعلم فيه إلا ما روي ، أن النبي - صلى الله عليه وسلم - كان يركع من قبل الجمعة أربعا

Adapun sholat sebelum sholat Jumat maka aku tidak mengetahuinya kecuali riwayat yang mengatakan bahwa nabi pernah sholat sebelum sholat Jumat sebanyak empat rokaat. .

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 2 hal. 270 | Faisal

Ibnu Taimiyah (w. 728 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Majmu' Fatawa sebagai berikut :

والصواب أن يقال: ليس قبل الجمعة سنة راتبة مقدرة ولو كان الأذانان على عهده فإنه قد ثبت عنه في الصحيح أنه قال: {بين كل أذانين صلاة بين كل أذانين صلاة بين كل أذانين صلاة. ثم قال في الثالثة: لمن شاء} كراهية أن يتخذها الناس سنة.

udchuws.

Ibnu Taimiyah, Majmu' Fatawa, jilid 24 hal. 193 | Imam

Al-Mardawi (w. 885 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf sebagai berikut :

وظاهر كلام المصنف: أنه لا سنة لها قبلها راتبة، وهو صحيح، وهو المذهب، وعليه أكثر الأصحاب ونص عليه

Dan perkataan mushonnif bahwa tidak ada sholat qobliyah sebelum sholat Jumat. dan ini adalah pendapat yang benar dalam madzhab hanbali dan yang dinashkan oleh ashhab..

Al-Mardawi, Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf, jilid 2 hal. 406 | Ajib

Demikian penjelasan singkat tentang perbedaan pendapat di kalangan para fuqaha atas masyru'iyah shalat sunnah qabliyah Jumat.

Wallahu a'lam bishshawab

Baca Lainnya :

Adakah Masyru'iyah Shalat Qabliyah Jumat?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 7 September 2015, 04:13 | published
Adzan Shalat Jumat, Sekali atau Dua Kali?
Imamuddin Mukhtar | 9 September 2015, 03:21 | draft
Bolehkah Menjamak Shalat Jumat dengan Shalat Ashar?
Muhamad Amrozi | 10 September 2015, 04:10 | published
Berapakah Jumlah Minimal Jamaah Shalat Jumat?
Muhammad Aqil Haidar | 12 September 2015, 03:21 | published
Apakah Shalat Jumat Harus Dilaksanakan di Masjid?
Faisal Reza Amaradja | 11 September 2015, 19:25 | draft
Apakah Khatib Harus Menjadi Imam ?
Tajun Nashr, Lc | 8 September 2015, 16:39 | published
Hari Raya Jatuh pada Hari Jum'at, Apakah Tetap Wajib Shalat Jum'at?
Tajun Nashr, Lc | 8 September 2015, 06:08 | published
Rukun Khutbah Jumat Versi Lima Mazhab
Muhammad Syarif Hidayatullah | 4 October 2015, 07:25 | published
Kapan Waktu Yang Dibolehkan Untuk Mulai Shalat Jumat
Tajun Nashr, Lc | 11 September 2015, 14:16 | published
Haruskah Khutbah Jumat Dengan Bahasa Arab?
Muhamad Amrozi | 23 September 2015, 08:36 | draft
Haruskah Mendapatkan Satu Rakaat Bersama Imam?
Imamuddin Mukhtar | 7 September 2015, 18:02 | draft
Haruskah Khutbah Jumat Dua Kali?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 11 September 2015, 14:15 | draft