|


 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

ثم السنة فيه المخافتة عندنا

Disunnahkan dalam (melafadzkan Amin) dengan suara pelan dalam madzhab kami.

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 1 hal. 207 | Aqil

Al-Marghinani (w. 593 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi sebagai berikut :

" ويخفونها " لما روينا من حديث ابن مسعود رضي الله عنه ولأنه دعاء فيكون مبناه على الإخفاء

(Membaca amin) dengan suara pelan. Dengan dalil hadist riwayat Ibnu Mas'ud ra. Dan karena lafadz amin adalah doa, yang memang aslinya dibaca dengan pelan..

Al-Marghinani, Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi, jilid 1 hal. 50 | Faisal

Az-Zaila'i (w. 743 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq sebagai berikut :

وأمن الإمام والمأموم سرا

Imam dan ma'mum melafadzkan amin dengan suara pelan.

Az-Zaila'i, Tabyin Al-Haqaiq Syarh Kanzu Ad-Daqaiq, jilid 1 hal. 113 | Ajib

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

فإذا فرغ منها قال: آمين سرا أو أسمع نفسه ولو جهر بها لم يخرج

Ketika sudah selesai membacanya (Al Fatihah), maka (seorang yang shalat) membaca amin dengan suara pelan atau dengan suara yang hanya didengar olehnya. Namun ketika dia membacanya dengan keras, maka dia tidak keluar dari shalatnya (tidak batal)..

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 206 | Amrozi

Khalil bin Ishaq Al-Mishri (w. 776 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Mukhtashar Khalil sebagai berikut :

وتأمين فذ مطلقا وإمام بسر ومأموم بسر أو جهر إن سمعه على الأظهر وإسرارهم به

.

Khalil bin Ishaq Al-Mishri, Mukhtashar Khalil, jilid 1 hal. 33 | Imam

Ash-Shawi (w. 1241 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Hasyiatu Ash-Shawi Ala Asy-Syarhi Ash-Shaghir sebagai berikut :

(وَ) نُدِبَ (تَأْمِينُ فَذٍّ) أَيْ قَوْلُهُ: آمِينَ بَعْدَ وَلَا الضَّالِّينَ (مُطْلَقًا) فِي السِّرِّ وَالْجَهْرِ (كَإِمَامٍ فِي السِّرِّ) فَقَطْ، (وَمَأْمُومٍ) فِي سِرِّهِ وَ (فِي الْجَهْرِ)

.

Ash-Shawi, Hasyiatu Ash-Shawi Ala Asy-Syarhi Ash-Shaghir, jilid 1 hal. 326 | Syarif

Al-Mawardi (w. 450 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Hawi Al-Kabir sebagai berikut :

فمن السنة أن يقول بعده: آمين ليشترك فيه الإمام والمأموم جهرا في صلاة الجهر

.

Al-Mawardi, Al-Hawi Al-Kabir, jilid 2 hal. 111 | Ajib

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Raudhatu Ath-Thalibin sebagai berikut :

يجهر بها الإمام والمنفرد في الصلاة الجهرية تبعا للقراءة، وأما المأموم فالمذهب أنه يجهر

.

An-Nawawi, Raudhatu Ath-Thalibin, jilid 1 hal. 247 | Amrozi

Al-Hishni (w. 829 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Kifayatul Akhyar sebagai berikut :

إن التأمين يؤتى به سرا في الصلاة السرية وأما في الجهرية فيجهر به الإمام والمنفرد.......وفي المأموم طرق الراجح أنه يجهر

.

Al-Hishni, Kifayatul Akhyar, jilid 1 hal. 115 | Aqil

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

ويسن أن يجهر به الإمام والمأموم فيما يجهر فيه بالقراءة، وإخفاؤها فيما يخفي فيه

.

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 1 hal. 353 | Faisal

Al-Mardawi (w. 885 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf sebagai berikut :

(يجهر بها الإمام والمأموم) هذا المذهب

.

Al-Mardawi, Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf, jilid 2 hal. 51 | Imam

Abu An-Naja (w. 968 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Iqna Fi Fiqhi Al-Imam Ahmad Bin Hanbal sebagai berikut :

يجهر بها إمام ومأموم معا في صلاة جهر ومنفرد

.

Abu An-Naja, Al-Iqna Fi Fiqhi Al-Imam Ahmad Bin Hanbal, jilid 1 hal. 116 | Syarif

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

فأما أحمد وإسحاق، وداود وجمهور أصحاب الحديث فيرون الجهر بها للإمام، والمأموم، وبه نقول

.

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 2 hal. 295 | Aqil

Baca Lainnya :