|


 

As-Sarakhsi (w. 483 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Mabsuth sebagai berikut :

بناء على أصله أن السجدة الواحدة قربة وهي سجود الشكر، وعند أبي حنيفة وأبي يوسف السجدة الواحدة ليست بقربة إلا سجدة التلاوة،

Sebagaimana asal hukum bahwasanya satu (sekali) sujud itu merupakan bentuk taqarrub yang disebut sujud syukur , adapun pendapat Abu hanifah , Abi yusuf bahwasanya satu sujud itu bukanlah bentuk taqarrub kecuali sujud tilawah . .

As-Sarakhsi, Al-Mabsuth, jilid 1 hal. 171 | Ajib

Ibnul Humam (w. 681 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Fathul Qadir sebagai berikut :

وكون سجدة الشكر قربة وهو كما هو قول محمد أوجه لأنه مقتضى الأدلة السمعية المتكثرة، وستتم الفائدة بها آخر هذا الفصل.

Adapun terkait sujud satu kali (sujud syukur)maka hal tersebut ialah taqarrub , dan pendapat Muhammad mempunyai beberapa wujuh dikarenakan hanya terdapat dalil sam’i pada hal tersebut .

Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 523 | Amrozi

Al-Qarafi (w. 684 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Adz-Dzakhirah sebagai berikut :

فصل في الجواهر سجدة الشكر مكروهة على المشهور عند بشارة أو مسرة وروي الجواز وقال به ابن حبيب

Sujud syukur itu makruh dalam pendapat yang masyhur menurut Bisyarah , Masroh , dan diriwayatkan kebolehan tentang nya, sebagaimana dikatakan Ibnu habib .

Al-Qarafi, Adz-Dzakhirah, jilid 2 hal. 416 | Aqil

An-Nawawi (w. 676 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Raudhatu Ath-Thalibin sebagai berikut :

السجدة الثالثة: سجدة الشكر: سجود الشكر سنة عند مفاجأة نعمة، أو اندفاع نقمة، من حيث لا يحتسب، وكذا إذا رأى مبتلى ببلية، أو بمعصية.

Sujud ketiga : Sujud syukur : Hal tersebut merupakan sunnah ketika tiba-tiba mendapatkan nikmat , atau dari jalan yang tidak disangka-sangka . .

An-Nawawi, Raudhatu Ath-Thalibin, jilid 1 hal. 324 | Faisal

Zakaria Al-Anshari (w. 926 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib sebagai berikut :

(الثالثة سجدة الشكر وتستحب عند هجوم نعمة) كحدوث ولد أو جاه، أو مال، أو قدوم غائب، أو نصر على عدو (أو) عند (اندفاع نقمة)

Bab Ketiga : Sujud syukur , dan disunnahkan ketika mendapatkan nikmat , seperti kelahiran seorang anak , mendapatkan harta , kedatangan seseorang serta mendapatkan kemenangan terhadap musuh . .

Zakaria Al-Anshari, Asnal Mathalib Syarah Raudhu Ath-Thalib, jilid 1 hal. 198 | Imam

Ibnu Qudamah (w. 620 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut :

فصل:: ويستحب سجود الشكر عند تجدد النعم، واندفاع النقم.

Dan disunnahkan untuk sujud syukur ketika mendapatkan nikmat .

Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 1 hal. 449 | Syarif

Al-Mardawi (w. 885 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf sebagai berikut :

(ويستحب سجود الشكر) هذا المذهب مطلقا، وعليه الأصحاب،

Dan disunnahkan untuk sujud syukur , ini merupakan pendapat muthlaq mazhab kami, sebagaimana Al-Ashab juga demikian . .

Al-Mardawi, Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf, jilid 2 hal. 202 | Ajib

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

مسألة: سجود الشكر حسن، إذا وردت لله تعالى على المرء نعمة فيستحب له السجود، لأن السجود فعل خير، وقد قال الله تعالى: {وافعلوا الخير} [الحج: 77] . ولم يأت عنه نهي عن النبي - صلى الله عليه وسلم -.

Sujud syukur itu merupakan perbuatan baik. ketika seseorang mendapatkan nikmat dari Allah maka di sunnah kan untuk sujud , karena hal tersebut merupakan sebuah kebaikan, Allah berfirman : Dan kerjakan lah kebaikan (Al hajj 77) dan tidak ada larangan dari Nabi Muhammad saw akan hal itu . .

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 3 hal. 331 | Faisal

Baca Lainnya :